Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2013, 07:23 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber idiva

KOMPAS.com – Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih tawaran pekerjaan tertentu, bisa karena kompensasi yang tinggi atau karena menyukai pekerjaan tersebut. Memang tak semua orang beruntung bisa menekuni profesi yang sesuai panggilan hati. 

Pilihan karir yang tepat akan memiliki efek positif pada hidup karena Anda melakukan sesuatu yang membuat bahagia. Di sisi lain, jika Anda terjebak dalam karir yang salah, hidup Anda akan menjadi berat.

Nah, apakah Anda sudah berada di posisi karir yang tepat? Coba cek ciri-ciri berikut :

Terus mengeluh

Tidak peduli apa pun tugas yang Anda lakukan di tempat kerja, Anda sering mengeluh dan tidak puas. Hal ini jelas menunjukkan bahwa pekerjaan Anda tidak membuat  bahagia dan kemungkinan pekerjaan tersebut bukan yang tepat untuk Anda.

Tidak merasa bangga

Ketika seseorang bertanya mengenai pekerjaan Anda sekarang, Anda tidak bersemangat menceritakannya dan buru-buru mengalihkan topik tersebut.

Tak ada motivasi untuk bangun dan pergi bekerja

Pekerjaan yang memang sesuai passion akan membuat Anda bersemangat di pagi hari dan tak sabar untuk mengerjakan tugas-tugas. Waspadalah jika Anda merasa malas dan selalu terpaksa berangkat ke kantor.

Tidak melakukan yang terbaik

Biasanya orang yang menyukai pekerjaannya akan melakukan segala cara untuk membuat hasil pekerjaan menjadi bagus. Tapi jika Anda tak memiliki motivasi, maka seluruh potensi yang dimiliki tak akan terlihat.

Berjuang untuk melewati hari

Semua pekerja akan berjuang melewati hari mereka di dalam kantor, menghadapi bos yang kurang pengertian, rekan kerja yang tak sulit bekerjasama, sampai tekanan pekerjaan yang menumpuk. Apabila Anda berada di karier yang benar, maka Anda akan melewatinya dengan bahagia. Namun jika tidak, Anda akan merasa seperti berada di kamp penyiksaan dan selalu tak sabar menunggu jam pulang.

Kurang tertantang

Bagian yang menarik mengenai pekerjaan yakni tantangan dan motivasi untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik. Jika Anda merasa pekerjaan yang dijalani sekarang tak cukup menantang, mungkin ini saatnya berpikir untuk mencari tempat baru yang bisa menampung keterampilan yang dimiliki.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber idiva

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com