Berapa Target Realistis untuk Turun BB dalam Seminggu?

Kompas.com - 09/12/2013, 17:14 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Ada berbagai jenis diet yang mengklaim mampu menurunkan berat badan (BB) dengan cepat. Bahkan, ada yang mengklaim setelah melakukan diet tertentu bisa turun sebanyak 2-4 kilogram dalam waktu seminggu.

Sebenarnya, berapakah angka realistis untuk menargetkan penurunan berat badan dalam seminggu? Menurut Lauren Slayton, M.S, R.D, penulis buku The Little Book of Thin, dengan melakukan pengaturan pola makan dan olahraga, kita tak bisa turun berat badan lebih dari 1,5 kilogram dalam seminggu.

Selain itu, berapa angka yang wajar untuk mengurangi berat badan tergantung pada beberapa faktor dasar, termasuk berat badan awal (orang yang awalnya memiliki BB cukup besar cenderung mengalami penurunan yang dramatis).

Faktor lain yang tak kalah penting adalah gaya hidup yang sudah dilakoni. Jika sebelum diet Anda sudah mulai menjalankan pola makan sehat dan rajin berolahraga, kemungkinan agak sulit untuk mendapati penurunan berat badan drastis.

Beberapa orang yang rutin mengonsumsi jus atau smoothie buah dan sayur sebagai pengganti makan memang mengalami penurunan berat badan sedikit lebih banyak. Namun menurut Slayton hal itu karena perubahan pada berat air. Dan ini berbeda dengan kehilangan lemak atau massa otot.

Slayton menjelaskan, berapa yang bisa kita hilangkan dan apa yang seharusnya dihilangkan adalah dua hal berbeda.

"Jika Anda ingin turun berat badan secara stabil, maka idealnya rata-rata turun sekitar 0,5 - 1 kilogram dalam seminggu," katanya.

Angka tersebut cenderung lebih stabil dan lebih mudah untuk dilakoni dibandingkan memiliki penurunan berat secara ekstrem dalam satu minggu, tapi kemudian beratnya naik kembali.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X