Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2013, 16:06 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Di usia sekolah, anak-anak membutuhkan perhatian ekstra untuk membantu mengembangkan kemampuan berpikir mereka. Tetapi kasihan juga ya kalau mereka sudah lelah belajar di sekolah dan di rumah masih harus belajar lagi.

Kalau begitu kenapa tak ajak anak-anak untuk bermain catur? Permainan ini bukan hanya dirancang untuk orang-orang lanjut usia yang ingin menghabiskan waktu di taman. Jika permainan ini dilakukan secara teratur, dapat membantu anak merangsang kreativitas dan mengembangkan kemampuan otaknya.

Ternyata cukup banyak manfaat yang bisa didapat anak dari kegiatan bermain catur.

1. Memecahkan masalah
Dalam permainan ini, otak Anda dan anak-anak "dipaksa" untuk berpikir untuk membuat strategi dan perhitungan. Latihan ini akan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Anak juga akan belajar melihat masalah dari berbagai sudut dan menemukan solusinya.

Catur juga memaksa pemain untuk mencari jalan alternatif dan tidak menyerah sampai semua strategi dan kemungkinan terkecil sudah dicoba. Dengan demikian, permainan ini akan membantu anak untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untu bertahan hidup yang diperlukan di dunia nyata.

2. Memperkuat ingatan
Penelitian sudah menunjukkan bahwa pelajar yang bermain catur memiliki memori yang kuat. Selain itu, otak mereka berkembang lebih signifikan dibanding yang tidak.

3. Kesabaran
Bermain catur tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Permainan ini mewajibkan Anda untuk berpikir dengan cermat sehingga anak harus bersabar untuk bisa memenangkan pertandingan.

4. Fokus
Pola pikir anak anak berkembang ketika mereka bermain permainan "berpikir". Mau tak mau, anak akan duduk tenang dan memeras otaknya untuk berstrategi. Mereka akan fokus pada berbagai kemungkinan langkah yang mungkin diambil untuk menghabiskan pion-pion lawannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com