Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2013, 09:52 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Mencuci pakaian pasti lebih mudah dengan kehadiran mesin cuci di rumah. Hanya saja, jangan anggap bahwa pekerjaan rumah tentang mencuci selesai sampai di sini. Perawatan mesin cuci secara teratur, dimulai dengan membersihkannya, wajib dilakukan agar mesin tak cepat rusak.

Gangguan pada mesin cuci biasanya berasal dari residu sabun dan mineral yang ada di dalam deterjen dan menumpuk di dalam mesin. Residu ini bisa merusak mesin atau justru merusak pakaian yang dicuci.

Sebenarnya tak sulit untuk membersihkan mesin cuci. Anda bisa menggunakan bahan pembersih seperti pemutih pakaian dan juga cuka. Jika Anda tak ingin gunakan pemutih, maka cukup gunakan cuka saja.  

Langkah 1:
Isi mesin cuci yang kosong dengan air hangat. Kemudian, tambahkan  pemutih ke dalamnya. Nyalakan mesin cuci sekitar satu menit.

Langkah 2:
Buka tutup mesin cuci dan diamkan campuran ini dalam mesin cuci selama beberapa waktu, minimal 30 menit. Di menit akhir, tutup kembali mesin cuci dan nyalakan mesinnya.

Langkah 3:
Buang air berpemutih. Kemudian isi kembali mesin cuci dengan menggunakan air hangat atau panas.Tambahkan cuka ke dalamnya, putar selama satu menit agar bercampur.

Kemudian buka penutup mesin dan diamkan cairan ini dalam mesin selama beberapa waktu. Kemudian, nyalakan lagi mesinnya selama satu menit untuk 'merontokkan" semua kotoran dan melarutkannya bersama air.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com