Kompas.com - 19/12/2013, 09:52 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com - Mencuci pakaian pasti lebih mudah dengan kehadiran mesin cuci di rumah. Hanya saja, jangan anggap bahwa pekerjaan rumah tentang mencuci selesai sampai di sini. Perawatan mesin cuci secara teratur, dimulai dengan membersihkannya, wajib dilakukan agar mesin tak cepat rusak.

Gangguan pada mesin cuci biasanya berasal dari residu sabun dan mineral yang ada di dalam deterjen dan menumpuk di dalam mesin. Residu ini bisa merusak mesin atau justru merusak pakaian yang dicuci.

Sebenarnya tak sulit untuk membersihkan mesin cuci. Anda bisa menggunakan bahan pembersih seperti pemutih pakaian dan juga cuka. Jika Anda tak ingin gunakan pemutih, maka cukup gunakan cuka saja.  

Langkah 1:
Isi mesin cuci yang kosong dengan air hangat. Kemudian, tambahkan  pemutih ke dalamnya. Nyalakan mesin cuci sekitar satu menit.

Langkah 2:
Buka tutup mesin cuci dan diamkan campuran ini dalam mesin cuci selama beberapa waktu, minimal 30 menit. Di menit akhir, tutup kembali mesin cuci dan nyalakan mesinnya.

Langkah 3:
Buang air berpemutih. Kemudian isi kembali mesin cuci dengan menggunakan air hangat atau panas.Tambahkan cuka ke dalamnya, putar selama satu menit agar bercampur.

Kemudian buka penutup mesin dan diamkan cairan ini dalam mesin selama beberapa waktu. Kemudian, nyalakan lagi mesinnya selama satu menit untuk 'merontokkan" semua kotoran dan melarutkannya bersama air.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.