Kompas.com - 20/12/2013, 06:36 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com — Lembur, begadang menonton pertandingan bola atau serial televisi favorit, mimican (minum-minum cantik) bersama sahabat, dan sebagainya menyebabkan tidur malam jadi berkurang. Akibatnya pada pagi hari, saat bersiap-siap ke kantor, Anda jadi terburu-buru dan mengakibatkan rencana harian pun jadi berantakan.

Padahal, kemampuan menjaga konsentrasi kerja sehari penuh bergantung pada bagaimana Anda memulai hari. Seperti dikutip dari Times of India, kunci terbaik agar pagi hari menjadi produktif adalah melewatinya dengan tidak terburu-buru. Oleh karena itu, niscaya pikiran pun akan selalu positif dan aktivitas yang telah direncanakan berjalan dengan baik.

Kebanyakan para tokoh sukses memiliki ritual selalu bangun lebih pagi, tidak mengecek surel atau menelepon klien sebelum sarapan. Pertama, melangkah ke luar rumah, barulah mereka menyusun kembali rencana yang sebelumnya sudah diagendakan pada hari tersebut.

Jika ingin meraih kesuksesan dalam hidup, maka tak ada salahnya mencontoh kiat-kiat yang dipercaya dapat membuat Anda menjalani waktu pagi dengan teratur dan pastinya tidak terburu-buru.

1. Atur alarm Anda 15 menit lebih cepat

Cara ini tidak akan membuat Anda terbangun dengan kaget dan bergegas lari menuju kamar mandi. Sebaliknya, aturan 15 menit lebih cepat ini akan mengawali aktivitas Anda pada pagi hari dengan tahapan-tahapan yang lebih damai dan tenang.

Terjaga lebih cepat membuat Anda memiliki waktu luang untuk "mengumpulkan" nyawa. Hal yang demikian sama pentingnya dengan mempersiapkan diri secara fisik dan mental untuk menjalankan segala kegiatan sepanjang hari.

2.  Sebelum tidur, intip kembali agenda untuk esok hari

Menengok kembali jadwal agenda yang telah Anda susun untuk esok hari akan membantu memberikan perspektif tentang bagaimana cara untuk memulainya. Cara ini membantu Anda lebih fokus dan tentunya dapat mencegah terjadinya "keributan" pada pagi hari.

3. Olahraga

Mengawali hari dengan berolahraga dapat membuat suasana hati jadi lebih bahagia, lebih tenang, dan tentunya lebih segar! Tidak perlu olahraga berat yang menguras banyak energi. Pilihlah aktivitas fisik yang lebih ringan seperti berjalan santai, atau lari pagi berintensitas ringan, atau sekadar membersihkan rumah dengan menyapu dan mengepel. Peluh yang menetes dari sekujur tubuh dapat membuat pikiran lebih jernih.

4. Menu sarapan yang tepat

Biasakan untuk mengisi perut sebelum memulai aktivitas, lakukanlah dengan tidak terburu-buru. Nikmati waktu sarapan sembari berbincang dengan suami dan anak, atau bila Anda belum berkeluarga, bisa melakukannya bersama orangtua serta saudara yang tinggal satu rumah. Kegiatan yang seperti itu, selain membuat tubuh mendapatkan asupan gizi yang tepat, juga bakal membuat Anda lebih percaya diri dan energik. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X