Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/12/2013, 08:37 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Shine

Kompas.com - Ingin rambut panjang Anda tampil lebih memikat di pesta Natal dan Tahun Baru ini? Maka cara paling tepat untuk mendapatkannya adalah dengan mengikalkan rambut.

Meski begitu kita tahu tak selalu mudah mendapatkan rambut ikal dengan alat pengikal rambut di rumah. Ini adalah beberapa penyebab mengapa kita sering gagal mendapatkan rambut ikal.

1. Memilih ukuran yang salah
Untuk mendapatkan rambut ikal, sesuaikan antara barel pengeriting rambut dengan tampilan yang diinginkan. Untuk rambut keriting kecil (atau jika rambut pendek), gunakan pengeriting dengan diameter kurang dari 2,5 cm. Jika rambut agak panjang dan Anda ingin ikal besar dan glamor, gunakan barel berukuran sekitar 3 cm - 3,5 cm.

2. Terlalu banyak rambut
Jika rambut Anda cukup tebal, bagi beberapa bagian rambut lalu gulunglah rambut sedikit demi sedikit. Awali dari bagian atas kemudian ke bagian bawah. Ini akan membuat proses pengeritingan rambut lebih mudah dan menghindarkan adanya rambut yang ketinggalan digulung.

3. Terlalu panas
Untuk mencegah kerusakan jangka panjang pada rambut, gunakan suhu tak terlalu panas. Rambut yang lurus dan tipis sebaiknya menggunakan suhu minimal pada alat pengeriting. Pilihlah alat pengeriting yang memiliki beberapa pilihan suhu.

Jika pada alat hanya terdapat pilihan "ON/OFF" biasanya suhunya akan terlalu panas. Untuk menentukan berapa lama perlu mendapatkan rambut ikal memang perlu dilakukan praktek berulang kali. Cobalah selalu pada temperatur paling rendah.

4. Arah yang salah
Untuk membingkai wajah, bagian rambut di bagian depan seharusnya dibentuk ikal menjauhi wajah, bukan sebaliknya. Ini berarti rambut pada sisi kanan dikeriting ke arah kanan, dan bagian kiri ke arah kiri.

5. Jangan disisir
Setelah semua bagian rambut dibentuk ikal, biarkan rambut selama beberapa menit kemudian sisir menggunakan tangan. Kunci ikal rambut dengan hairspray.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Shine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com