Kompas.com - 24/12/2013, 08:37 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Ingin rambut panjang Anda tampil lebih memikat di pesta Natal dan Tahun Baru ini? Maka cara paling tepat untuk mendapatkannya adalah dengan mengikalkan rambut.

Meski begitu kita tahu tak selalu mudah mendapatkan rambut ikal dengan alat pengikal rambut di rumah. Ini adalah beberapa penyebab mengapa kita sering gagal mendapatkan rambut ikal.

1. Memilih ukuran yang salah
Untuk mendapatkan rambut ikal, sesuaikan antara barel pengeriting rambut dengan tampilan yang diinginkan. Untuk rambut keriting kecil (atau jika rambut pendek), gunakan pengeriting dengan diameter kurang dari 2,5 cm. Jika rambut agak panjang dan Anda ingin ikal besar dan glamor, gunakan barel berukuran sekitar 3 cm - 3,5 cm.

2. Terlalu banyak rambut
Jika rambut Anda cukup tebal, bagi beberapa bagian rambut lalu gulunglah rambut sedikit demi sedikit. Awali dari bagian atas kemudian ke bagian bawah. Ini akan membuat proses pengeritingan rambut lebih mudah dan menghindarkan adanya rambut yang ketinggalan digulung.

3. Terlalu panas
Untuk mencegah kerusakan jangka panjang pada rambut, gunakan suhu tak terlalu panas. Rambut yang lurus dan tipis sebaiknya menggunakan suhu minimal pada alat pengeriting. Pilihlah alat pengeriting yang memiliki beberapa pilihan suhu.

Jika pada alat hanya terdapat pilihan "ON/OFF" biasanya suhunya akan terlalu panas. Untuk menentukan berapa lama perlu mendapatkan rambut ikal memang perlu dilakukan praktek berulang kali. Cobalah selalu pada temperatur paling rendah.

4. Arah yang salah
Untuk membingkai wajah, bagian rambut di bagian depan seharusnya dibentuk ikal menjauhi wajah, bukan sebaliknya. Ini berarti rambut pada sisi kanan dikeriting ke arah kanan, dan bagian kiri ke arah kiri.

5. Jangan disisir
Setelah semua bagian rambut dibentuk ikal, biarkan rambut selama beberapa menit kemudian sisir menggunakan tangan. Kunci ikal rambut dengan hairspray.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Shine
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.