Lima Langkah Sederhana Menghalau Kantuk di Waktu Pagi

Kompas.com - 26/12/2013, 08:01 WIB
ilustrasi SHUTTERSTOCKilustrasi
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Bagi para pecandu kopi, tentu akan terasa ada yang kurang jika tidak memulai hari dengan menyesap minuman yang ampuh membuat Anda terjaga ini. Aromanya yang harum dan kehangatan yang membasahi dahaga, untuk sebagian orang memberikan efek menenangkan.

Menurut sebuah survei yang diselenggarakan oleh Le Meridien Hotel, Amerika Serikat, tersingkap fakta yang membeberkan sebanyak 54 persen orang dewasa di Amerika setiap hari pasti meminum secangkir kopi.

Meskipun sudah banyak tersiar informasi yang membeberkan dampak buruk dari mengonsumsi kopi secara berlebihan, namun meninggalkan suatu kebiasaan tak semudah mengatakannya. Bahkan, survei yang melibatkan 7000 koresponden berusia produktif ini, juga mengungkap bahwa dibandingkan bercinta, sejumlah orang lebih memilih menikmati damainya pagi sembari menyesap kopi.

Jika hingga hari ini, Anda masih kesulitan “melepaskan” kebiasaan minum kopi secara berlebihan, berikut lima cara sederhana untuk menghalau kantuk di waktu pagi tanpa minum kopi, seperti dikutip dari Huffington Post. Selamat mencoba!

Sinar matahari pagi

Sinar matahari yang terbit antara pukul enam hingga sembilan pagi terbukti kaya manfaat bagi tubuh. Menurut studi yang dilakukan University of Liege, mereka yang terbiasa bangun pagi dan terpapar dengan sinar matahari, umumnya memiliki sirkulasi darah yang lancar dan mudah berkonsentrasi. Informasi tambahan lainnya adalah bangun di pagi hari membantu Anda merasa lebih bugar dan membuat waktu tidur malah lebih proporsional.

Pijatan ringan

Menurut studi yang dihelat oleh University of Michigan, pijatan ringan di area pelipis dapat meningkatkan stamina tubuh dan membuat Anda cepat terjaga setelah terbangun dari tidur malam. Terdapat lima titik pijat untuk menstimulasi tubuh agar tidak cepat mengantuk, yakni di bagian puncak kepala, bagian antara ibu jari dan telunjuk, area sebelah kanan di bawah pusat tempurung lutut, di bawah mata kaki dan di pangkal leher.

Minum air dingin

Setelah terlelap selama lebih kurang delapan jam di malam hari, tubuh pun kehilangan cairan secara signifikan. Itulah yang membuat Anda merasa kehausan setiap bangun tidur. Dibandingkan minum kopi, Dr. OZ menyarankan untuk minum segelas air putih yang dingin, tapi jika tidak terbiasa minumlah air putih hangat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X