Kompas.com - 29/12/2013, 21:26 WIB
Berlibur dengan balita SHUTTERSTOCKBerlibur dengan balita
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Saat berpergian menggunakan pesawat, apakah Anda pernah mengalami betapa menggangunya jeritan tangis anak yang duduk tepat di belakang kursi Anda?

Nah karena liburan akhir tahun ini Anda akan membawa serta si kecil, maka jangan sampai Anda menjadi penyebab situasi kurang menyenangkan tersebut dan menjadi objek tatapan jengkel para penumpang lainnya.

Berikut beberapa uraian dan panduan agar selama perjalanan Anda dan sang buah hati senantiasa berada dalam kondisi aman, nyaman dan selamat hingga tujuan.

Jika anak Anda masih pada fase usia balita, dan destinasi liburan memiliki jarak tempuh yang jauh, sebaiknya persiapkan segala keperluan si kecil dengan matang. Agar mereka tidak rewel saat berada di pesawat, disarankan untuk membawa mainan favoritnya di dalam tas yang Anda bawa ke atas kabin. Jadi, sewaktu-waktu si kecil berulah, bisa segera diatasi dengan memberikan mainan kesayangannya tersebut agar ia kembali tenang.

Selain itu, apabila si kecil tak lagi mengonsumsi ASI, maka jangan sesekali lupa membawa serta botol dan susunya ke dalam pesawat. Lalu untuk menghindari konflik dengan petugas bandara, bawalah botol dan kemasan susu khusus berpergian.

Kemudian, pastikan si kecil mengenakan pakaian yang nyaman. Hindari pakaian yang terlalu banyak aksesoris seperti kancing, bandul dan sebagainya. Selain itu, jangan lupa membawa baju hangat dan bantal mungil kesayangannya, agar ia tertidur lebih lama dan nyaman di dalam pesawat.

Siapkan beberapa popok sekali pakai dan tisu basah antibakteri khusus bayi atau balita, jangan ambil risiko untuk begitu saja percaya akan kualitas kebersihan pesawat yang Anda tumpangi.

Bila sang buah hati memiliki penyakit yang kerap kambuh, jangan lupa untuk mengemas obat-obatannya dalam tas yang Anda bawa ke atas kabin. Bila perlu, sebelum hari keberangkatan, konsultasikanlah pada dokter anak mengenai tindakan preventif apa yang harus diberikan pada si kecil, agar perjalanan dan liburan akhir tahun ini berjalan lancar dan berkesan.

Lalu bagaimana dengan Anda sendiri? Apabila anak Anda masih menyusui, maka kenakanlah busana khusus ibu menyusui, jangan lupa sertakan kain atau handuk kecil untuk melindungi payudara dari pandangan penumpang lainnya.

Selamat berlibur



Sumber Shine,Boldsky

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X