Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/12/2013, 21:26 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Shine,Boldsky

KOMPAS.com – Saat berpergian menggunakan pesawat, apakah Anda pernah mengalami betapa menggangunya jeritan tangis anak yang duduk tepat di belakang kursi Anda?

Nah karena liburan akhir tahun ini Anda akan membawa serta si kecil, maka jangan sampai Anda menjadi penyebab situasi kurang menyenangkan tersebut dan menjadi objek tatapan jengkel para penumpang lainnya.

Berikut beberapa uraian dan panduan agar selama perjalanan Anda dan sang buah hati senantiasa berada dalam kondisi aman, nyaman dan selamat hingga tujuan.

Jika anak Anda masih pada fase usia balita, dan destinasi liburan memiliki jarak tempuh yang jauh, sebaiknya persiapkan segala keperluan si kecil dengan matang. Agar mereka tidak rewel saat berada di pesawat, disarankan untuk membawa mainan favoritnya di dalam tas yang Anda bawa ke atas kabin. Jadi, sewaktu-waktu si kecil berulah, bisa segera diatasi dengan memberikan mainan kesayangannya tersebut agar ia kembali tenang.

Selain itu, apabila si kecil tak lagi mengonsumsi ASI, maka jangan sesekali lupa membawa serta botol dan susunya ke dalam pesawat. Lalu untuk menghindari konflik dengan petugas bandara, bawalah botol dan kemasan susu khusus berpergian.

Kemudian, pastikan si kecil mengenakan pakaian yang nyaman. Hindari pakaian yang terlalu banyak aksesoris seperti kancing, bandul dan sebagainya. Selain itu, jangan lupa membawa baju hangat dan bantal mungil kesayangannya, agar ia tertidur lebih lama dan nyaman di dalam pesawat.

Siapkan beberapa popok sekali pakai dan tisu basah antibakteri khusus bayi atau balita, jangan ambil risiko untuk begitu saja percaya akan kualitas kebersihan pesawat yang Anda tumpangi.

Bila sang buah hati memiliki penyakit yang kerap kambuh, jangan lupa untuk mengemas obat-obatannya dalam tas yang Anda bawa ke atas kabin. Bila perlu, sebelum hari keberangkatan, konsultasikanlah pada dokter anak mengenai tindakan preventif apa yang harus diberikan pada si kecil, agar perjalanan dan liburan akhir tahun ini berjalan lancar dan berkesan.

Lalu bagaimana dengan Anda sendiri? Apabila anak Anda masih menyusui, maka kenakanlah busana khusus ibu menyusui, jangan lupa sertakan kain atau handuk kecil untuk melindungi payudara dari pandangan penumpang lainnya.

Selamat berlibur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com