Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengeluaran Belanja Pria Nyaris Sama dengan Wanita

Kompas.com - 06/01/2014, 16:25 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com — Bila berbicara soal belanja, ternyata pria zaman sekarang juga bisa kalap. Setidaknya demikianlah hasil survei yang baru saja dilakukan oleh FreeDeliveryLand.co.uk, yang meneliti perilaku berbelanja para masyarakat.

Hasil survei mengungkapkan bahwa kaum pria setiap tahun menghabiskan uang lebih kurang sebanyak Rp 35 juta untuk keperluan busana dan produk perawatan tubuh. Sebenarnya, angka tersebut masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan pengeluaran rata-rata yang dihabiskan oleh kaum wanita yang bisa menghabiskan dana hingga Rp 48 juta setiap tahun untuk keperluan yang sama.

Namun meski sama-sama gemar belanja, terdapat perbedaan dalam hal memilih dan memutuskan pembelian. Pria lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas, terutama jika membeli jins, sepatu, kemeja, dan mantel. Sedangkan wanita cenderung lebih mudah tergoda dengan promo diskon tanpa mementingkan apakah kualitas produk baik atau tidak.

Kemudian pada kompartemen perawatan tubuh dan kecantikan, kaum pria banyak menghabiskan uang untuk belanja aftershave, parfum, dan perawatan rambut. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu partisipan, “saya tidak akan menghabiskan uang hanya untuk produk perawatan kulit wajah, seperti krim malam. Saya lebih butuh produk perawatan tubuh, seperti yang dimiliki oleh Ayah saya dulu. Ia memenuhi rak kabinet kaca di kamar mandi dengan produk-produk perawatan tubuh untuk pria. Kini, saya pun melakukan hal yang sama.”

Ternyata hasil survei ini mengatakan bahwa pria lebih memperhatikan kebersihan dan aroma tubuh, dan justru membuat wanita merasa lebih senang sekaligus lega. Dengan begitu, mereka tak lagi repot terus-menerus mengingatkan pasangan untuk mandi dan menyemprotkan parfum ke tubuh mereka.  

“Berpakaian baik dan berpenampilan rapi serta bersih akan jauh lebih menarik bagi wanita zaman sekarang. Saya pernah berbelanja bersama kekasih, sekarang ia bisa menghabiskan banyak waktu untuk berbelanja pakaian dan produk perawatan diri daripada sebelumnya. Saya bangga dengan penampilannya sekarang,” ujar salah seorang partisipan perempuan.

Juru bicara dari FreeDeliveryLand.co.uk mengatakan bahwa sekarang kaum pria lebih mawas dengan penampilan mereka sehingga dalam satu dekade terakhir semakin marak bermunculan koleksi ritel juga rumah mode untuk pria.

"Pengeluaran tahunan mereka tentu semakin dekat dengan pengeluaran kaum wanita karena mereka makin sadar akan pentingnya penampilan yang menarik. Tapi saya sendiri masih meragukan apakah pengeluaran belanja pria akan sama dengan wanita,” tandasnya.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com