Tingkatkan Konsentrasi Anak dengan Musik Klasik

Kompas.com - 13/01/2014, 09:28 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Jika Anda ingin mencari alasan kuat untuk meminta anak berhenti mendengarkan lagu-lagu Lady Gaga atau One Direction, ini dia. Rutin mendengarkan musik klasik ternyata meningkatkan konsentrasi belajar.

Dalam sebuah studi yang dilakukan Susan Hallam, profesor pendidikan dan psikologi musik dari Universitas London, terungkap anak-anak yang rutin mendengar musik klasik mengalami peningkatan konsentrasi dan kemampuan mendengar.

Dalam program ini sebanyak 4.500 anak-anak berusia 7-10 tahun diminta mendengarkan musik klasik seperti Beethoven dan Mozart selama 6 minggu. Pada awalnya mereka hanya diminta mendengar instrumen sederhana lalu lama kelamaan musik yang diperdengarkan semakin kompleks.

Berbagai studi memang menyebutkan manfaat musik klasik terhadap kemampuan otak. Para ahli mengatakan, musik klasik yang sepertinya rumit bagi telinga ini sebenarnya mudah diuraikan otak dan cepat disimpan.

Mendengarkan musik, apa pun jenisnya asalkan kita sukai juga diketahui akan mengurangi stres dan kecemasan.

Selain mendengarkan musik, belajar memainkan komposisi musik klasik juga memiliki manfaat bagi perkembangan otak anak.

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Neuroscience menyebutkan, anak-anak kecil yang belajar memainkan musik klasik memiliki kemampuan visual sensorimotor lebih baik. Bahkan, manfaat tersebut akan terus dirasakan sampai mereka dewasa, meski pelajaran musik tersebut tidak dilanjutkan lagi.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Sumber parentdish
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X