Modifikasi Aktivitas Fisik Efektif Membakar Kalori

Kompas.com - 18/01/2014, 17:21 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Wardah Fajri
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Pengaturan kalori masuk dan keluar menjadi penting, terutama pada orang yang jarang bergerak atau jarang melakukan aktivitas fisik apalagi latihan jasmani atau olahraga, pasalnya asupan kalori terus masuk melalui makanan. Jika kalori masuk tak diikuti dengan pengaturan kalori keluar, berbagai masalah mulai muncul seperti kelebihan berat badan hingga obesitas yang memicu berbagai penyakit.

Lantas bagaimana cara efektif memperbanyak kalori keluar? "Modifikasi aktivitas fisik merupakan cara yang efektif untuk memperbanyak kalori yang keluar," ungkap spesialis olahraga, Andi Kurniawan dari Indonesia Sport Medicine Centre kepada Kompas Health melalui surat elektronik.

Andi menjelaskan aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang dihasilkan oleh kontraksi otot-otot rangka dan menghasilkan pengeluaran energi dan menghasilkan manfaat buat kesehatan yang bersifat progresif.

Aktivitas fisik berbeda dengan olahraga atau latihan jasmani. Yang dimaksud latihan jasmani adalah aktivitas fisik yang terencana, terstruktur dan dilakukan berulang-ulang yang mempunyai tujuan mempertahankan atau meningkatkan satu atau lebih komponen dari kebugaran jasmani.

Andi menyebutkan beberapa olahraga dan aktivitas fisik yang efektif membakar kalori, di antaranya:

* Berjalan cepat.
Berjalan dengan kecepatan 6 km/jam selama satu jam dapat membakar kalori sebesar 280 kalori.

* Bersepeda.
Bersepeda adalah olahraga ringan yang menyenangkan dan cocok bagi yang overweight karena beban di lutut sangat minimal. Bersepeda santai sejauh 10 sampai 12 mil perjam membakar kalori sebanyak 256 kalori .

* Berkebun.
Berkebun adalah aktivitas fisik yang bisa dilakukan di rumah dan murah. Berkebun selama satu jam dapat membakar kalori sebanyak 330 kalori.

* Lompat tali.
Lompat tali adalah jenis aktivitas fisik yang disukai oleh anak-anak. Melompat tali selama 10 menit membakar sekitar 107 kalori. Lompat tali juga merupakan salah satu olahraga yang efektif untuk membakar lemak tubuh.

* Senam/aerobik
Melakukan senam aerobik dengan intensitas sedang selama satu jam dapat membakar kalori sekitar 330 kalori. Senam aerobik yang intensitas tinggi, yang terdapat gerakan melompat dapat membakar kalori sebesar 480 kalori per jam.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X