SIKIB Gelar Pameran Hasil Kerja

Kompas.com - 23/01/2014, 07:29 WIB
SIKIB Expo KOMPAS.COM/CHRISTINA ANDHIKA SETYANTISIKIB Expo
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Untuk memeringati 10 tahun Solidaritas istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB),  yang anggotanya terdiri dari istri-istri menteri ini, digelar SIKIB Expo yang kedua. Expo yang pertama diadakan pada tahun 2010 lalu.

Di tahun ini, expo diselenggarakan pada tanggal 21-26 Januari 2014 di Senayan City, Jakarta Selatan. Tema yang diangkat adalah Bakti SIKIB untuk Negeri Menuju Indonesia Sejahtera.

"Expo ini dilaksanaan sebagai sebuah wadah untuk memvisualisasikan kegiatan-kegiatan sosial yang sudah dilakukan SIKIB selama ini, misalnya program Indonesia Pintar, Indonesia Peduli, Indonesia Hijau, Indonesia Sehat, dan Indonesia Kreatif," ungkap Okke Hatta Rajasa, Ketua I SIKIB di Senayan City, Rabu (22/1/2014).

Uniknya, expo ini digelar tidak seperti biasanya. Istri dari Hatta Rajasa ini mengungkapkan bahwa SIKIB Expo tidak menjual beragam produk jadi saja. Namun, pameran ini lebih menonjolkan berbagai kegiatan-kegiatan yang sudah pernah mereka lakukan di daerah.

"Kami menekankan pada proses belajarnya. Kami menghadirkan mobil pintar dengan segala isinya, motor pintar dan alat-alat peraga yang mendukung semua proses belajar ini," jelasnya.

Ide ini dihadirkan karena menurutnya masih banyak orang Indonesia yang tidak menghargai sebuah proses belajar. Melalui expo selama enam hari ini masyarakat bisa lebih melihat, menghargai proses serta membantu dirinya sendiri serta orang lain untuk bisa berkembang.

"Ketika Anda ingin mahir membuat rangkaian bunga misalnya, Anda harus belajar sedikit demi sedikit. Setelah mahir, Anda bisa menjualnya serta mengajarkan prosesnya pada orang lain. Efek jangka panjangnya semua pengetahuan berbekal proses ini akan meningkatkan taraf hidup dan juga jiwa entrepreneur," paparnya.

Acara ini juga melibatkan anak-anak, di antaranya dengan sosialisasi IPTEK nuklir, lomba mewarnai, sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pelatihan daur ulang kertas, pelatihan sulam perca, sosialisasi Generasi Berencana (GenRe).

Konsep eksibis ini didesain dengan menggunakan bambu yang ramah lingkungan. Atrium mal ini dibuat menyerupai rumah pintar yang di dalamnya dibuat sekat sebagai sentra buku, sentra komputerm sentra kriya, sentra audiovisual, sentra bermain dan permainan edukatif.

Selain pameran, SIKIB Expo juga menyelenggarakan berbagai workshop yang berkaitan dengan perempuan, seperti psikologi keluarga, tutorial penggunaan kain tradisional, dan perkenalan manfaat bambu untuk rumah tangga.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X