Kompas.com - 23/01/2014, 08:12 WIB
ilustrasi SHUTTERSTOCKilustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Dalam beberapa kesempatan, seperti pesta pernikahan,  atau pesta lainnya, banyak perempuan yang kini lebih suka memakai kain tradisional. Kain tradisional seperti batik, songket, tenun dan lainnya menjadi pilihan karena dinilai unik dan cantik sebagai paduan kebaya.

Salah satu motif paling favorit pilihan perempuan adalah motif kain bertumpal. Tumpal merupakan motif geometris seperti segitiga. Dan dalam penggunaannya, motif ini merupakan motif muka (tampilan depan).

"Motif ini memang cantik, tapi Anda harus berhati-hati karena salah cara pakainya, motif ini akan membuat tubuh jadi lebih lebar atau lebih kecil," ungkap Tini Sardadi, penulis buku Serasi & Gaya Berkain saat acara SIKIB Expo di Senayan City, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2014).

Tini mengungkapkan bahwa untuk menyiasati tubuh besar maka sebaiknya Anda memilih kain dengan gambar tumpal vertikal. Selain itu, untuk membentuk tubuh agar lebih berisi maka pilihlah kain dengan gambar tumpal horisontal.

"Jika sudah terlanjur membeli kain tumpal horisontal namun ingin ilusi tubuh lebih langsing maka, lipat saja sebagian motif tumpalnya ke belakang, sehingga tidak semua motif tumpalnya terlihat. Setelah itu, letakkan di depan dan sisa kainnya dililitkan ke belakang," paparnya.


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.