Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2014, 08:12 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Dalam beberapa kesempatan, seperti pesta pernikahan,  atau pesta lainnya, banyak perempuan yang kini lebih suka memakai kain tradisional. Kain tradisional seperti batik, songket, tenun dan lainnya menjadi pilihan karena dinilai unik dan cantik sebagai paduan kebaya.

Salah satu motif paling favorit pilihan perempuan adalah motif kain bertumpal. Tumpal merupakan motif geometris seperti segitiga. Dan dalam penggunaannya, motif ini merupakan motif muka (tampilan depan).

"Motif ini memang cantik, tapi Anda harus berhati-hati karena salah cara pakainya, motif ini akan membuat tubuh jadi lebih lebar atau lebih kecil," ungkap Tini Sardadi, penulis buku Serasi & Gaya Berkain saat acara SIKIB Expo di Senayan City, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2014).

Tini mengungkapkan bahwa untuk menyiasati tubuh besar maka sebaiknya Anda memilih kain dengan gambar tumpal vertikal. Selain itu, untuk membentuk tubuh agar lebih berisi maka pilihlah kain dengan gambar tumpal horisontal.

"Jika sudah terlanjur membeli kain tumpal horisontal namun ingin ilusi tubuh lebih langsing maka, lipat saja sebagian motif tumpalnya ke belakang, sehingga tidak semua motif tumpalnya terlihat. Setelah itu, letakkan di depan dan sisa kainnya dililitkan ke belakang," paparnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com