Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Makanan yang Tidak Perlu Disimpan di Dalam Kulkas

Kompas.com - 26/01/2014, 10:02 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com — Menyimpan makanan dalam kulkas adalah cara lazim dalam "memperpanjang" usia makanan. Karenanya, sering kali kita meletakkan segala jenis makanan di dalam lemari pendingin ini tanpa melihat apa jenis makanannya.

Seperti dilansir oleh realsimple.com, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bila disimpan dalam kulkas justru akan mengurangi daya tahan dan khasiat makanan. Apa sajakah jenis makanan tersebut?

Saus kemasan dan saus botolan

Saus yang dikemas dalam botol diproduksi dengan perhitungan yang matang untuk mampu bertahan lebih dari beberapa bulan tanpa disimpan dalam kulkas. Mendinginkan saus justru membuat tutup botol susah dibuka, menurunkan kualitas, dan tentu saja lebih sulit untuk disajikan karena kaku.

Umbi-umbian

Rumpun makanan yang termasuk umbi-umbian seperti kentang dan ubi akan mengalami degradasi rasa jika diletakkan terlalu lama di dalam kulkas. Disarankan untuk menyimpan umbi-umbian di dapur, menggunakan pembungkus kertas. Hindari pemakaian plastik untuk membungkus kentang karena dapat mempercepat proses pembusukan.

Roti

Roti yang tersimpan dalam kulkas akan berubah kering dan menimbulkan rasa asam. Saat dioleskan dengan mentega, umumnya roti lebih cepat terurai sehingga meja makan pun jadi berantakan dengan remah-remah.

Bawang

Bawang, terutama bawang merah, putih, dan bombai, bawang merupakan bumbu dapur yang harus disimpan dalam wadah yang dilengkapi dengan sirkulasi udara. Simpan saja di lemari dapur dengan suhu yang tidak terlalu kering dan lembab, serta pastikan agar tidak berdampingan dengan kentang dan umbi-umbian karena bisa menyebabkan bawang cepat busuk.

Kopi

Kopi yang disimpan dalam kulkas mengalami pengembunan sehingga dapat memengaruhi aroma kopi. Padahal, selain cita rasa, salah satu hal yang membuat seseorang begitu adiktif terhadap kopi adalah aromanya! Maka dari itu, apabila ingin menjaga supaya kopi tetap nikmat, simpan pada toples kering, lalu tutup rapat dan pastikan suhu di sekitarnya seimbang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com