Kompas.com - 26/01/2014, 11:15 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Siapa yang tak kendal dengan origami? Ternyata, seni melipat kertas dari Jepang ini banyak manfaatnya untuk anak-anak.

Origami berasal dari bahasa Jepang yang berarti “ori” berarti “lipat dan “gami” berarti “kertas”. Jadi, origami memiliki arti melipat kertas, yang dikenal sebagai kebudayaan dari negeri Jepang. Istilah origami sangat populer di seluruh penjuru dunia. selain di Jepang, berkembang pula di Amerika, Eropa, Timur Tengah, bahkan di Asia.

Bagi anak, bermain origami sama halnya seperti bermain piano atau mewarnai. Dalam sudut pandang anak, ber-origami adalah bermain dengan kertas. Orangtua bisa menanamkan nilai-nilai belajar saat anak-anak melaksanakan aktivitas origami. Contoh, Anda bisa mengajarkan bentuk-bentuk geometris sederhana saat memberikan petunjuk origami atau kita dapat mengajarkan sifat benda. Selain itu, Anda bisa mengajarkan berbagai hewan dengna menggunakan origami dan lain-lain.

Origami dapat menjadi media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Tentu saja dilakukannya dengan metode yang tepat. Jangan lupa dibawakan secara santai dan menyenangkan.

Berikut beragam manfaat origami bagi anak yang secara konsisten mempelajarinya, antara lain:

-          Melatih anak memperkuat kemampuan motorik halusnya.

-          Melatih daya visual spasial anak menjadi semakin baik.

-          Anak belajar mengikuti arahan secara berurutan.

-          Melatih anak berpikir sistematis dalam menyelesaikan suatu masalah.

-          Anak dapat mengenal dan memahami istilah-istilah matematika sederhana secara dini, seperti sudut, titik, garis, diagonal bidang, diagonal ruang, dan lain-lain.

-          Anak belajar berlatih komunikasi efektif antara anak dan orangtua ataupun anak dengan guru.

-          Salah satu olahraga yang baik untuk otak agar tetap aktif. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.