Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miss Universe Terkagum-kagum dengan Kain Tradisional Indonesia

Kompas.com - 29/01/2014, 10:07 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com – Pada hari Senin (27/12/2014), Miss Universe 2014, Maria Gabriela Isler untuk kali pertama mengunjungi Indonesia. Ada pun kunjungannya ini merupakan rangkaian agenda kerjanya sebagai Miss Universe, sekaligus untuk menghadiri malam penobatan Puteri Indonesia 2014 yang akan diadakan hari ini, Rabu (29/12/2014) di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta Pusat.

Meski baru satu hari berada di Jakarta, namun perempuan tercantik sedunia ini telah mengagumi semua hal tentang Indonesia. "Saya suka sekali dengan Indonesia, terutama budayanya yang sungguh menakjubkan," papar Gabriela Isler saat kunjungan dan pertemuannya dengan Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2014).

Perempuan yang akrab disapa Gabriela ini tampak menawan dalam balutan gaun strapless berwarna merah muda karya Ikat Indonesia by Didiet Maulana, serta perhiasan cantik karya Manjusha Nusantara,  mengaku terperanjat dengan keindahan menyukai kain-kain tradisional dan perhiasan khas Indonesia.

"Saya suka sekali dengan gaun yang saya kenakan ini, nyaman dan cantik. Perhiasannya juga tak kalah cantik,  ini kekayaan Indonesia yang sangat membanggakan dan bisa bersaing di dunia internasional," jelas perempuan kelahiran 21 Maret 1988 tersebut.

Selain perhiasan dan kain tradisional, selama di Bali, sebelum kunjungan resminya ke Jakarta, perempuan asal Venezuela ini mengungkapkan bahwa, ia sempat belajar tarian Bali bersama dengan anak-anak. Dengan wajah berseri-seri, Gabriella  menceritakan pengalamannya memelajari tarian khas Pulau Dewata, mulai dari bagaimana menggerakan badan, tangan dan bola matanya.

"Saya belajar menari Bali juga lengkap dengan baju adat Bali-nya lho," katanya. 

Selain itu, selama berada di Indonesia, Gabriell juga menyambangi pasar-pasar tradisional di Yogyakarta dan juga Jakarta, untuk melihat beragam keindahan dan keragaman pernak-pernik khas Indonesia. Melihat antusiasme Gabriela, Mari Elka sempat menyarankannya untuk mengunjungi Pasar Tanah Abang, Thamrin City dan juga Pasar Beringharjo di Yogyakarta.

Sembari terkagum-kagum dengan ragam destinasi belanja yang menyediakan aksesori tradisional, Gabriela pun sempat kebingungan. Di tengah kebingungan ini, ia pun berkata kepada perwakilan Yayasan Puteri Indonesia,"Baiklah saya akan berkunjung ke sana. Tapi pastikan semuanya dicatat ya lokasinya," candanya. 

Perempuan pemilik rambut pirang nan terurai panjang ini juga mengungkapkan bahwa, kekagumannya pada budaya dan tradisi Indonesia sudah dimulai sejak dirinya dan Whulandary Herman sama-sama mengikuti ajang Miss Universe 2013 di Moskow beberapa waktu lalu. Saat itu, Whulan membagikan oleh-oleh berupa kerajinan tangan khas bumi Nusantar, antara lain makanan tradisional dan juga kain tradisional kepada seluruh kontestan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com