Kompas.com - 04/02/2014, 17:04 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Hampir setiap pasangan yang melakukan hubungan seksual berharap dapat mencapai kepuasan seks. Namun, bentuk kepuasan seks ternyata berbeda pada setiap orang.

Dalam sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Feminism & Psychology disebutkan, tidak ada definisi yang berlaku sama untuk mendeskripsikan kepuasan seksual.

Para peneliti menanyakan 40 orang mengenai makna kepuasan seksual yang paling penting, misalnya lebih dekat secara emosional kepada pasangan atau mencapai orgasme. Kemudian mereka juga bertanya mengenai perbedaan antara seks yang baik dan buruk.

Secara garis besar, ada empat jawaban yang mirip. Pertama adalah perasaan percaya dan aman pada pasangan, serta setiap perasaan yang dilepaskan saat bercinta.

Definisi yang kedua adalah perasaan yang melibatkan kedekatan emosional yang sempurna dan hubungan yang makin intim. Ternyata, para pria lebih memilih jawaban pertama, sementara para wanita memilih definisi kedua.

Pendekatan ketiga menyebutkan kepuasan seksual sebagai tercapainya orgasme, dan yang terakhir, kepuasan seksual jika pasangan bisa mencapai puncak.

Yang pasti, hubungan seksual seharusnya tidak hanya memuaskan satu pihak karena pasangan kita juga butuh didengar keinginan dan kebutuhannya. Sebuah penelitian juga menyebutkan, wanita yang menganggap seks sebagai sebuah kewajiban kepada pasangannya cenderung lebih sulit bergairah dan tidak bisa mencapai kepuasan seksual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.