Waspada! Seiring Usia, Tubuh Lebih Cepat Bau

Kompas.com - 06/02/2014, 15:22 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com
— Apakah 
orangtua lebih bau dari anak muda? Sebuah penelitian ilmiah mencoba meneliti soal isu tersebut lebih mendalam. 

Menurut penelitian di Jepang, seperti yang dipublikasikan oleh Journal of Investigative Dermatology, dalam tubuh manusia terdapat senyawa bernama 2-Nonenal yang akan terus meningkat seiring bertambahnya usia.

Dalam penelitiannya, bau badan mereka yang berusia 26 sampai 75 tahun dianalisis. Peneliti menemukan bahwa senyawa 2-Nonenal yang bau ternyata dideteksi pada mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Lalu apa yang menyebabkan bau badan? Penyebabnya adalah bakteri di keringat. Keringat sendiri tidak berbau dan membantu menjaga suhu tubuh serta menyeimbangkan cairan di dalam tubuh. Ada dua kelenjar keringat, kelencar eccrine dan apocrine.

Kelenjar eccrine ada di seluruh tubuh, sedangkan kelenjar apocrine ada di bagian tubuh yang ada rambut. Deodoran umum bisa mengurangi bau badan, dan jika tidak ampuh, ada deodoran resep dokter yang bisa membantu. Deodoran sendiri memblok pori-pori keringat, tetapi tidak menghambat perspirasi.
 
Cara mengurangi bau badan selain mandi tiap hari adalah mencuci kaki sampai bersih, memakai kaus kaki dari bahan katun dan wol, memakai sepatu kulit, dan selalu berganti-ganti sepatu agar tidak cepat bau. Selain itu, aplikasikan deodoran, meditasi, dan jangan makan makanan berbau menyengat seperti bawang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X