Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2014, 15:22 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis


KOMPAS.com
— Apakah 
orangtua lebih bau dari anak muda? Sebuah penelitian ilmiah mencoba meneliti soal isu tersebut lebih mendalam. 

Menurut penelitian di Jepang, seperti yang dipublikasikan oleh Journal of Investigative Dermatology, dalam tubuh manusia terdapat senyawa bernama 2-Nonenal yang akan terus meningkat seiring bertambahnya usia.

Dalam penelitiannya, bau badan mereka yang berusia 26 sampai 75 tahun dianalisis. Peneliti menemukan bahwa senyawa 2-Nonenal yang bau ternyata dideteksi pada mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Lalu apa yang menyebabkan bau badan? Penyebabnya adalah bakteri di keringat. Keringat sendiri tidak berbau dan membantu menjaga suhu tubuh serta menyeimbangkan cairan di dalam tubuh. Ada dua kelenjar keringat, kelencar eccrine dan apocrine.

Kelenjar eccrine ada di seluruh tubuh, sedangkan kelenjar apocrine ada di bagian tubuh yang ada rambut. Deodoran umum bisa mengurangi bau badan, dan jika tidak ampuh, ada deodoran resep dokter yang bisa membantu. Deodoran sendiri memblok pori-pori keringat, tetapi tidak menghambat perspirasi.
 
Cara mengurangi bau badan selain mandi tiap hari adalah mencuci kaki sampai bersih, memakai kaus kaki dari bahan katun dan wol, memakai sepatu kulit, dan selalu berganti-ganti sepatu agar tidak cepat bau. Selain itu, aplikasikan deodoran, meditasi, dan jangan makan makanan berbau menyengat seperti bawang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com