Kompas.com - 15/02/2014, 11:07 WIB
ilustrasi SHUTTERSTOCKilustrasi
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com -
Memang benar jika kasih sayang seharusnya diberikan setiap hari, bukan cuma di Hari Valentine saja. Namun, di tanggal 14 Februari ini bisa berfungsi sebagai pengingat dan simbol bahwa sudah seharusnya kita semua saling menyayangi dan mengasihi.

Lebih dari itu, hari kasih sayang ini juga sebenarnya memiliki makna menyentil yang bisa dipetik oleh para pasangan tentang arti sebenarnya dari hidup berpasangan. Valentine itu tak melulu berbau hura-hura (makan malam, kado mahal), perayaan hari kasih sayang ini juga bermakna positif.

1. Curahkan waktu dan pikiran Anda sepenuhnya
Di momen valentine yang penuh dengan cinta ini, banyak pasangan yang punya segudang rencana untuk dihabiskan bersama. Misalnya makan malam berdua atau memberi kado. Intinya saling memberi perhatian satu sama lain.

Lalu, mengapa tak melakukan hal ini setiap hari? Di hari-hari biasa, banyak orang yang justru sering mencampur adukkan masalah pekerjaan ke dalam kehidupan pribadi. Valentine mengajarkan Anda untuk mencoba memisahkan aneka masalah pekerjaan saat Anda sedang bersamanya.

"Apa gunanya makan malam romantis diterangi cahaya lilin, musik, dan makanan terenak, tetapi pikiran pasangan dan Anda juga tidak tertuju padanya, melainkan pada masalah di kantor?" ungkap Karl Pillemer, Ahli Gerontologi (bidang ilmu yang mempelajari pendekatan biologis, psikologis dan lain-lainnya terhadap proses penuaan).

2. Kurangi gadget
Apa gunanya kencan kalau masih sibuk dengan gadget? Pillmer menyarankan agar Anda dan pasangan perlu sesekali "melepaskan diri" dari perangkat elektronik ini. Manfaatkan waktu bersama untuk saling berbicara sehingga ikatan hati pun semakin kuat.

3. Tertawa
Acara Valentine bersama orang terkasih bisa memberikan kenangan yang indah dan romantis. Hati pun terasa hangat sangat mengingatnya. Cobalah untuk bersenang-senang dan perbanyak tertawa ketika bersama si dia. Pillemer mengungkapkan bahwa sebenarnya rasa humor dan banyak tertawa adalah kunci yang bisa melanggengkan sebuah hubungan.

4. Libatkan diri dalam hobi dan hal-hal favorit pasangan
Mungkin saja pria tidak terlalu menyukai beragam hal-hal yang berbau romantis. Namun di Hari Valentine, banyak pria yang akhirnya "mengalah" untuk memberikan kejutan yang romantis bagi kekasihnya. Hal inilah yang patut diapresiasi dan dicontoh dari para pria. Demi menunjukkan rasa cinta dan perhatiannya, mereka seringkali melakukan hal-hal yang disukai pasangannya sekalipun ia tak suka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak cuma pria yang harus melibatkan diri dalam sesuatu yang disukai wanita, tapi juga sebaliknya. Dengan demikian mereka bisa saling lebih mengerti satu sama lain. Sebuah penelitian yang dilakukan Pillmer di Cornell University's College of Human Ecology mengungkapkan bahwa sebuah hubungan akan bertahan lama jika pasangan mau terlibat dalam hobi dan kegemaran pasangannya.




Sumber The Street
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.