Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/02/2014, 12:34 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber SheKnows

Kompas.com - Tidak hanya jerawat di wajah yang membuat kita kesal, tapi juga jerawat pada punggung. Karena banyaknya jerawat di area ini, rencana memakai gaun berpunggung terbuka pun tak mungkin terlaksana.

Penyebab pasti jerawat yang memenuhi area tubuh belakang ini belum diketahui dengan pasti. Namun pemicunya bisa berbeda tergantung pada area jerawat tersebut berada.

Bila jerawat kecil tumbuh di sekitar leher dan pundak, biasanya penyebabnya adalah produk perawatan rambut yang tidak tepat. Jika jerawat kecil itu di dekat area tali bra, mungkin ini karena Anda kurang memperhatikan kebersihan pakaian dalam atau sudah saatnya Anda mengganti bra dengan yang baru.

Lantas, bagaimana jika jerawat membandel itu berjaya di seluruh area punggung? Bisa jadi ini karena produksi sebum yang meningkat sehingga Anda pun harus lebih memperhatikan kebersihan area tubuh ini.

Mulailah upaya perawatan area punggung ini dengan mengganti spons sabun secara berkala. Spons atau pembersih punggung yang lembab merupakan tempat favorit bakteri. Selain itu pilihlah sabun yang memang ditujukan untuk menghilangkan jerawat kecil, terutama sabun yang mengandung zat antibakteri.

Jika pemicu jerawat adalah produk perawatan rambut, sebaiknya sabuni dan basuh area punggung terakhir, setelah Anda menggunakan shampo.

Untuk mengurangi kelembaban, gunakan bahan pakaian yang ringan seperti katun dan linen. Selain itu gunakan tabir surya wajah pada tubuh karena produk ini memiliki tingkat perlindungan terhadap jerawat. Setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat, segera mandi dan berganti pakaian.

Bukan hanya kebersihan pakaian yang perlu diperhatikan, ganti sprei dan sarung bantal secara berkala. Saat tidur gunakan pakaian tidur yang lembut sehingga tidak mengiritasi kulit dan menyebabkan keringat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SheKnows
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com