Kompas.com - 22/02/2014, 08:15 WIB
shutterstock
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com —
Di berbagai negara dunia, masyarakatnya dibiasakan untuk membawa bekal makanan saat mereka beraktivitas di luar rumah. Bukannya tanpa alasan, membawa bekal sendiri dari rumah memang salah satu cara untuk menjaga kesehatan, lho. Mari kita lirik menu bekal favorit negara lain.

1. Jepang
Di negeri sakura, membawa bekal makanan adalah hal yang sudah lekat pada masyarakatnya. Mereka membawa bekal makan siang ketika beraktivitas keluar rumah, seperti ke sekolah dan kantor. Biasanya, bekal dikemas dengan meletakkan berbagai macam menu makanan yang dikemas di dalam sebuah kotak berwarna hitam.

Bekal makanan di Jepang biasanya disebut dengan bento. Di dalam bento, nasi adalah makanan yang wajib ada. Ya, sama seperti di negara kita, nasi adalah makanan pokok di Jepang. Nasi wajib disantap bersama dengan lauk-pauk seperti chicken dan beef katsu, salad, rumput laut, dan tak ketinggalan miso soup. Menu lainnya adalah spring roll dan mi. Mereka juga tidak lupa membawa buah sebagai bekal.

2. Korea
Negeri ginseng yang terkenal dengan gaya hidupnya yang sehat ini juga membiasakan diri untuk membawa bekal. Biasanya masyarakat Korea membawa bekal dengan menu penuh dengan sayuran hijau yang ditumis atau direbus, rumput laut, ikan sebagai lauknya, serta sup tofu sebagai pelengkapnya. Pisang adalah buah favorit yang biasa dibawa. Tak ketinggalan, nasi dan kimchi wajib hadir dalam bekal masyarakat Korea sebagai makanan pokok.

3. Swedia
Menu makan siang yang disediakan untuk bekal masyarakat Swedia biasanya berupa kentang rebus sebagai makanan pokok dan dilengkapi dengan salad kubis, serta kacang-kacangan (seperti kacang polong ataupun kacang merah). Tak ketinggalan, sepotong biskuit untuk camilan pun masuk ke dalam daftar bekal mereka. Segelas teh biasanya menjadi minuman favorit mereka setelah melahap bekal.

4. Perancis
Masyarakat Perancis juga terkenal gemar membawa bekal makanan saat bepergian keluar rumah. Karena tepung adalah makanan pokok mereka, baguette selalu tersedia dalam menu bekal santap siang. Baguette biasanya disajikan bersama kentang goreng. Cheesecake, yoghurt, dan anggur juga tak ketinggalan sebagai pencuci mulut. Delicieux!

5. Amerika
Menu untuk bekal santap siang masyarakat Amerika biasanya berisi makanan yang berbahan dasar sayuran dan protein seperti salad, mashed potato, keju, dan jagung.  Menu favorit lain yang biasa disajikan di dalam bekal mereka adalah chicken nuggets, sandwich, dan hash browns. Wah, porsi makan besar ya!

6. Taiwan
Di Taiwan bekal makan siang biasanya disebut dengan bian dang. Biasanya, masyarakat Taiwan biasa membawa bian dang yang berisi nasi yang didampingi dua sampai tiga lauk-pauk. Kombinasi ini dibuat agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Uniknya, mereka biasanya membawa bekal dalam kotak makan metal yang membuat bekal bisa dihangatkan sebelum dimakan. Di kantor dan sekolah-sekolah juga menyediakan penghangat yang dipakai sebelum pelajaran istirahat, lho!

7. Norwegia
Di Norwegia, kebanyakan sekolah-sekolah tidak menyediakan makan siang sehingga sekolah mewajibkan para siswa untuk membawa bekal dari rumah. Sama dengan Perancis, negara ini menjadikan tepung sebagai makanan pokoknya. Namun, bukan baguette yang disajikan dalam bekal, melainkan sandwich yang didominasi dengan roti rye berisi keju atau daging salami. Namun, untuk menemani bekal mereka, sekolah menyediakan yoghurt, susu, dan buah.




Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X