Kiat Mengatur Suhu Air Mandi Bayi

Kompas.com - 23/02/2014, 11:01 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Ritual memandikan bayi bisa dibilang merupakan momen paling menyenangkan bagi para ibu. Melihat si kecil dalam keadaan basah dan begitu seru memainkan air dengan tangan gemuknya sembari menyeringai,  pasti sangat menggemaskan. Namun, jangan melupakan syarat utama yang harus diingat oleh para ibu, yaitu jangan sekali pun meninggalkan bayi Anda di dalam bak mandi tanpa pengawasan orang dewasa!

Sebelum mulai memandikan bayi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar proses membersihkan tubuh buah hati berjalan aman dan menyenangkan.

Pertama, untuk menciptakan suhu air yang hangat, masukan air dingin terlebih dulu, kemudian campur dengan air panas. Cara ini bertujuan agar kulit bayi tidak terpapar dengan air mandi yang terlalu menyengat. Saat air dingin dan panas, masih dalam proses mengucur,  jangan sesekali menaruh bayi ke dalam bak, sebab suhu air dapat berubah dengan cepat.

Kedua, gunakan telapak tangan Anda untuk memeriksa suhu air mandi. Seperti dikutip dari babycentre.co.uk, suhu air yang direkomendasikan adalah 37 derajat celsius. Untuk mengukur ketepatan suhu, gunakanlah termometer. Sekarang, sudah banyak termometer air mandi bayi yang dirancang seperti mainan yang menarik dan terbuat dari material yang aman untuk buah hati Anda.

Ketiga, tutup keran dengan penutup yang erat. Saat bayi sedang mandi, mereka senang memegang dan memainkan segala sesuatu yang berada di sekitarnya. Nah, untuk mencegah tangan bayi melepuh karena memegang keran air panas, tutuplah keran dengan katup yang tebal dan keras. Cara lain yang lebih praktis adalah mengajarkan pada bayi Anda untuk tidak boleh memegang keran selama mandi, teruskan peraturan ini hingga bayi beranjak balita, atau setidaknya sampai perkembangan fisiknya sudah cukup kuat.

Ketika suhu air hangat yang tepat dan aman sudah didapatkan, untuk menjaganya supaya tidak cepat dingin, tutup rapat pintu kamar mandi. Lalu usai mandi, angkatlah bayi Anda dari dalam bak, dan segera kenakan handuk yang tebal serta empuk untuk melindunginya tubuhnya.

 



Sumber babycentre
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X