Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2014, 11:01 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber babycentre

KOMPAS.com – Ritual memandikan bayi bisa dibilang merupakan momen paling menyenangkan bagi para ibu. Melihat si kecil dalam keadaan basah dan begitu seru memainkan air dengan tangan gemuknya sembari menyeringai,  pasti sangat menggemaskan. Namun, jangan melupakan syarat utama yang harus diingat oleh para ibu, yaitu jangan sekali pun meninggalkan bayi Anda di dalam bak mandi tanpa pengawasan orang dewasa!

Sebelum mulai memandikan bayi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar proses membersihkan tubuh buah hati berjalan aman dan menyenangkan.

Pertama, untuk menciptakan suhu air yang hangat, masukan air dingin terlebih dulu, kemudian campur dengan air panas. Cara ini bertujuan agar kulit bayi tidak terpapar dengan air mandi yang terlalu menyengat. Saat air dingin dan panas, masih dalam proses mengucur,  jangan sesekali menaruh bayi ke dalam bak, sebab suhu air dapat berubah dengan cepat.

Kedua, gunakan telapak tangan Anda untuk memeriksa suhu air mandi. Seperti dikutip dari babycentre.co.uk, suhu air yang direkomendasikan adalah 37 derajat celsius. Untuk mengukur ketepatan suhu, gunakanlah termometer. Sekarang, sudah banyak termometer air mandi bayi yang dirancang seperti mainan yang menarik dan terbuat dari material yang aman untuk buah hati Anda.

Ketiga, tutup keran dengan penutup yang erat. Saat bayi sedang mandi, mereka senang memegang dan memainkan segala sesuatu yang berada di sekitarnya. Nah, untuk mencegah tangan bayi melepuh karena memegang keran air panas, tutuplah keran dengan katup yang tebal dan keras. Cara lain yang lebih praktis adalah mengajarkan pada bayi Anda untuk tidak boleh memegang keran selama mandi, teruskan peraturan ini hingga bayi beranjak balita, atau setidaknya sampai perkembangan fisiknya sudah cukup kuat.

Ketika suhu air hangat yang tepat dan aman sudah didapatkan, untuk menjaganya supaya tidak cepat dingin, tutup rapat pintu kamar mandi. Lalu usai mandi, angkatlah bayi Anda dari dalam bak, dan segera kenakan handuk yang tebal serta empuk untuk melindunginya tubuhnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com