Kompas.com - 28/02/2014, 09:54 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Olahraga lari yang sekarang ini sedang menjadi tren di perkotaan memang efektif untuk menurunkan berat badan dan menyehatkan jantung. Meski begitu, banyak mitos menyebutkan olahraga ini bisa membuat kulit mudah kendur.

Olahraga, termasuk lari, secara teori memang bisa memicu stres oksidatif yang akan merusak serat elastis kulit. Bagian sel kulit yang rusak adalah elastin dan serat kolagen yang berfungsi membuat kulit kencang.

Namun, melakukan olahraga secara rutin sebenarnya bisa meningkatkan penampilan kulit. Olahraga lari juga bermanfaat bagi kulit dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh melahan radikal bebas, melancarkan sirkulasi, mengurangi stres dan menghilangkan toksin.

Untuk menjaga kesehatan kulit, selalu gunakan tabir surya karena saat berlari kita secara langsung akan terpapar matahari. Faktanya, paparan sinar ultravioletlah yang membuat kulit wajah kehilangan elastisitasnya. Sinar matahari juga bisa membuat keriput muncul lebih cepat.

Selain menggunakan tabir surya, konsumsi air secara cukup untuk menjaga kelembaban kulit, membantu tubuh membuang toksin dan mencegah kekenduran kulit yang biasanya terjadi setelah berat badan berkurang.

Mengonsumsi lima jenis buah dan sayur setiap harinya juga sangat bermanfaat untuk melawan efek buruk radikal bebas.




Sumber LiveStrong
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X