Uang Bukan Motivasi Terbesar dalam Bekerja

Kompas.com - 28/02/2014, 12:17 WIB
Shutterstock Ilustrasi

Kompas.com - Gaji yang besar diyakini menjadi alasan para karyawan bertahan di sebuah perusahaan. Tetapi, bagi para orangtua ternyata uang bukanlah motivasi terbesar mereka dalam bekerja.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Accenture terhadap 41.000 eksekutif perusahaan di seluruh dunia, diketahui sebanyak 42 persen ibu dan 44 persen ayah yang bekerja penuh waktu mengatakan mereka lebih suka bekerja daripada tinggal di rumah. Para responden tersebut menjawab akan tetap bekerja meski pun secara finansial sudah cukup.

Hampir separuh responden mengatakan mereka puas dengan pekerjaan yang dimiliki sekarang. Sementara itu, responden yang tidak puas disebabkan karena alasan gaji dan jenjang karier yang tidak jelas.

Menurut Nellie Borrero dari Accenture, para ibu bekerja ini mencari keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga. Dengan kata lain, jika mereka bisa mendapatkan keduanya maka uang bukan lagi hal yang penting.

Hasil studi lain yang dilakukan pada tahun 2012 juga menunjukkan hal serupa. Disebutkan, 47 persen ibu lebih memilih bekerja paruh waktu dan 32 persen mengatakan bekerja penuh waktu lebih ideal. Hanya 20 persen wanita yang sudah menjadi ibu mengatakan lebih suka menjadi ibu rumah tangga.

Survei yang dilakukan oleh Accenture ini juga mengungkapkan apa yang para responden anggap sebagai hal yang penting di dunia kerja. Lebih dari separuh responden percaya bahwa kemampuan melakukan banyak pekerjaan sekaligus sangat penting, diikuti dengan kemampuan berbahasa asing (54 persen).



EditorLusia Kus Anna

Close Ads X