Kilapkan Sepatu dengan Pembersih Kuteks

Kompas.com - 04/03/2014, 10:07 WIB
nail polish remover shutterstock.comnail polish remover
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com -
Nail polish remover (pembersih kuteks) selama ini hanya kita pakai untuk membersihkan cat kuku. Tetapi sebenarnya benda ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, salah satunya membuat sepatu lebih mengkilap. Yuk, pelajari fungsi lain dari pembersih cat kuku.

1. Membersihkan keyboard komputer
Siapa yang tak senang mengetik di keyboard yang bersih. Tapi tak mudah membersihkan kotoran di sela-sela papan ketik yang kecil. Dengan menggunakan nail polish remover Anda bisa membersihkannya dengan lebih mudah. Caranya, ambil kapas dan basahi dengan cairan pembersih kuteks ini. Namun, jangan sampai kapas jadi terlalu basah, karena berisiko merusak komputer atau laptop. Setelah kapas agak lembab, Anda bisa menggosok keyboard sampai bersih. Kotoran akan menempel di kapas dan keyboard kembali cemerlang.

2. Membersihkan lantai
Sebenarnya menggunakan pembersih lantai saat mengepel sudah sangat membantu membuat lantai jadi bersih. Namun terkadang, masih ada saja kotoran yang menempel dan sulit dibersihkan. Kalau sudah begini, ambil kain pel kemudian tuangkan sedikit nail polish remover lalu gosok lantai yang kotor. Cara ini akan memudahkan pengelupasan kotoran lantai yang membandel dengan lebih mudah. Tetapi jangan gunakan cara ini untuk jika lantai Anda terbuat dari kayu.

3. Menghilangkan noda pada cangkir
Seringkali noda bekas teh atau kopi akan menempel di cangkir putih. Kesannya pasti jadi kotor, walau sebenarnya sudah dicuci berulang kali. Noda ini bisa dihilangkan dengan menggunakan pembersih kuteks.

Caranya, basahi kain bekas dengan menggunakan pembersih ini, kemudian oleskan pada area noda. Namun, hindari bagian motif cangkirnya karena motifnya bisa terkelupas. Setelah noda hilang, bilas dengan air dan sabun cuci sampai nodanya hilang sempurna dan tak ada bau yang tertinggal.

4. Mengilapkan sepatu
Bukan cuma semir yang bisa mengilapkan sepatu, tapi nail polish remover juga bisa lho. Caranya, basahi kain dengan cairan penghapus kuteks, kemudian lap sepatu dengan kainnya. Beri tekanan lebih pada area yang terkena noda. Kemudian gunakan kain lembab yang bersih (dibasahi dengan air biasa) untuk mengilangkan sisa nail polish remover di sepatu.

5. Menghilangkan tinta spidol permanen
Bagi anak-anak, tembok adalah papan tulis yang panjang. Tak heran kalau mereka suka sekali mencorat-coret tembok dengan spidol. Selain tembok, mereka juga suka mencorat-coret tangan atau tubuhnya.

Cara mudah untuk menghilangkan tinta spidol ini adalah dengan menggunakan pembersih kuteks. Basahi kapas dengan cairan ini kemudian usapkan ke bagian yang terkena tinta spidol. Dalam sekejap tinta ini akan hilang.




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X