Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Seks Bukan Prioritas Orangtua yang Baru Punya Bayi?

Kompas.com - 06/03/2014, 10:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Di awal-awal pernikahan, seks pasti masih terasa menyenangkan dan hangat. Namun kehangatan seks ini seketika berubah saat si kecil hadir. Seks menjadi hal yang tidak lagi penting.

Menurut survei yang dilakukan oleh Kegel8, satu dari empat orangtua baru bahkan menyerah bercinta selamanya setelah anak sulung mereka lahir. Dengan kata lain, bagi beberapa pasangan, menjadi orangtua menjadi awal mula era kematian kehidupan seks mereka.

"Berhubungan seks untuk pertama kalinya setelah kelahiran anak ini menjadi percakapan dan aktivitas yang sulit bagi banyak pasangan," kata Jane Wake, ahli kebugaran.

Survei ini juga mengungkapkan alasan mengapa bagi orangtua baru, seks justru menjadi "pengganggu" di dalam kamar. Satu dari lima pria yang disurvei mengatakan bahwa mereka mengalami kesulitan untuk mengajak pasangannya bercinta setelah si kecil lahir. Begitu pula sebaliknya, 44 persen perempuan ternyata lebih gugup dari laki-laki saat ingin bercinta.

 "Seorang ayah mungkin tidak ingin membuat tekanan berat pada pasangannya setelah istrinya melahirkan. Sedangkan ibu baru mungkin merasa belum siap," katanya. 

Alasan lainnya adalah karena adanya ketakutan akan rasa nyeri saat bercinta (38 persen). Lebih dari sepertiga perempuan khawatir jika seks tak lagi menyenangkan seperti sebelumnya. Selain itu, setelah menjadi orangtua, pikiran Anda pasti tercurah sepenuhnya untuk si bayi, termasuk produksi ASI. Kondisi ini membuat seks berada di dalam urutan terakhir di pikiran orangtua.

"Jadi ada baiknya untuk berkomunikasi satu sama lain dan saling terbuka tentang kebutuhan, kekhawatiran dan juga kecemasan Anda," sarannya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com