Kompas.com - 06/03/2014, 10:43 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Salah satu cara yang paling populer untuk menghilangkan amis dari seafood adalah dengan menggunakan air jeruk nipis. Kandungan asam dalam jeruk nipis dianggap penghilang bau paling efektif. Namun, menurut Chef Winni Giwangkara, penggunaan jeruk nipis ini justru tidak disarankan.

"Air jeruk nipis ini memang bisa menghilangkan amis dari seafood, tapi sekaligus juga akan merusak tekstur seafood dan mematangkan dagingnya. Kalau ingin pakai air jeruk sebaiknya dipakai menjelang ingin dimasak," kata Winni saat peluncuran Fiesta Sealicious di fX, Jakarta Selatan, Rabu (5/3/2014).

Asam yang terkandung dalam air jeruk nipis ini memiliki sifat yang mematangkan daging, merubah warna daging, dan juga menghilangkan rasa alami seafood-nya. Dibanding menggunakan perasan air jeruk nipis, Winni menyarankan untuk mencucinya menggunakan air bersih saja.

Selain mencucinya sampai bersih, Winni juga menyarankan untuk menggunakan kunyit parut yang dilumuri ke seafood atau dengan air asam jawa.

"Tapi pemakaian kunyit jangan terlalu banyak karena seafood akan berubah warna. Untuk satu kilogram seafood bisa gunakan dua sendok makan," ujarnya. 

Ia menambahkan, selain menghilangkan amis, apalagi untuk ikan air tawar, kunyit juga akan membuat seafoodnya pun jadi lebih wangi sehingga saat dimakan rasanya jadi lebih enak.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.