Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pakai Air Jeruk Nipis untuk Hilangkan Amis Seafood!

Kompas.com - 06/03/2014, 10:43 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Salah satu cara yang paling populer untuk menghilangkan amis dari seafood adalah dengan menggunakan air jeruk nipis. Kandungan asam dalam jeruk nipis dianggap penghilang bau paling efektif. Namun, menurut Chef Winni Giwangkara, penggunaan jeruk nipis ini justru tidak disarankan.

"Air jeruk nipis ini memang bisa menghilangkan amis dari seafood, tapi sekaligus juga akan merusak tekstur seafood dan mematangkan dagingnya. Kalau ingin pakai air jeruk sebaiknya dipakai menjelang ingin dimasak," kata Winni saat peluncuran Fiesta Sealicious di fX, Jakarta Selatan, Rabu (5/3/2014).

Asam yang terkandung dalam air jeruk nipis ini memiliki sifat yang mematangkan daging, merubah warna daging, dan juga menghilangkan rasa alami seafood-nya. Dibanding menggunakan perasan air jeruk nipis, Winni menyarankan untuk mencucinya menggunakan air bersih saja.

Selain mencucinya sampai bersih, Winni juga menyarankan untuk menggunakan kunyit parut yang dilumuri ke seafood atau dengan air asam jawa.

"Tapi pemakaian kunyit jangan terlalu banyak karena seafood akan berubah warna. Untuk satu kilogram seafood bisa gunakan dua sendok makan," ujarnya. 

Ia menambahkan, selain menghilangkan amis, apalagi untuk ikan air tawar, kunyit juga akan membuat seafoodnya pun jadi lebih wangi sehingga saat dimakan rasanya jadi lebih enak.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com