Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2014, 12:42 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com – Memperoleh kulit yang sehat dan bercahaya, sebenarnya tidak sulit, yang dibutuhkan adalah perawatan yang rutin dan tepat sesuai jenis kulit. Selain itu, sebisa mungkin hindari stres dan yang paling penting adalah rajin mandi!

Mandi merupakan aktivitas harian yang rutin dilakukan oleh (nyaris) semua orang di dunia. Tetapi karena dilakukan setiap hari, banyak yang mengerjakannya dengan sembarang. Nah, kebiasaan buruk sepert ini lah yang secara tidak langsung menyebabkan kulit Anda menjadi kusam.

Rajin mengoleskan minyak sebelum mandi
Menyiasati kulit agar tidak kering, bisa dengan mengoleskan minyak minyak zaitun atau minyak kelapa ke seluruh tubuh sebelum mandi. Tidak perlu setiap kali mandi, tapi paling tidak, lakukanlah seminggu sekali.

Mandi dengan air hangat
Air hangat memang bagus untuk kulit karena dapat memberi energi pada kulit. Selain itu, air hangat juga efektif untuk menghilangkan kotoran yang ada di pori-pori kulit.

Jangan mandi terlalu lama
Setiap hari, berapa waktu yang Anda habiskan untuk mandi? Lebih dari setengah jam? Jika ya, segera hentikan kebiasaan ini. Sebab, terlalu lama mandi akan mengurangi kelembaban alami kulit dan membuatnya jadi kering. Jadi semakin lama Anda mandi, maka potensi kulit menjadi kering semakin besar.  Idealnya, mandi hanya memerlukan waktu 10-15 menit saja, yang penting semua bagian tubuh terbilas bersih secara menyeluruh.

Jangan menggosok kulit dengan handuk
Kebiasaan buruk yang sering dilakukan setelah mandi adalah mengeringkan tubuh terlalu kuat dan keras menggunakan handuk. Mungkin tujuannya adalah ingin membuat tubuh lekas kesat dan kering, tetapi sebenarnya kebiasaan ini dapat berefek negatif. Karena setelah mandi, kulit menjadi lebih sensitif, sehingga menggosoknya terlalu keras akan menyebabkan iritiasi dan luka.

Lembabkan kulit setelah mandi
Usai mandi merupakan waktu yang tepat untuk melembabkan kulit, sebab pori-pori kulit akan lebih peka dan terbuka, sehingga nutrisi pada losion yang Anda oleskan lebih cepat terserap ke dalam jaringan kulit. Apabila ritual ini rajin diterapkan, Anda tak perlu lama menunggu kulit jadi cerah dan bersinar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com