6 Rahasia Orang-orang Paling Bahagia

Kompas.com - 08/03/2014, 13:35 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Bahagia adalah kata yang paling sering dimasukkan dalam doa dan harapan, tetapi sudahkah kita merasakan bahagia yang sesungguhnya? Para ilmuwan mengamati dan mewawancarai orang-orang bahagia dan menemukan rahasia mencapai kebahagiaan.

Ada hal-hal nyata yang membedakan orang-orang berbahagia dengan orang lain pada umumnya, dan hal itu bukan uang, kecerdasan, usia, jenis kelamin, atau ras.

1. Hubungan yang kuat

Hanya satu hal yang bisa menjelaskan mengapa seseorang bisa bahagia, yakni hubungan sosial yang kuat. Mereka yang memiliki hubungan yang dekat dengan pasangannya, keluarga, atau sahabat, mengaku sangat bahagia.

"Kemampuan untuk mencintai dan dicintai adalah faktor penting untuk merasakan bahagia," demikian kesimpulan para peneliti dari Universitas Harvard. Karena itu, jika Anda juga ingin berbahagia, luangkan waktu lebih banyak bersama orang-orang tercinta.

2. Melakukan lebih banyak

Orang yang paling berbahagia adalah mereka yang sibuk, tetapi tidak merasa diburu-buru. Pekerjaan yang terlalu banyak memang bisa membuat stres, tetapi tidak melakukan apa-apa sampai bosan bisa menjadi beban dalam hidup.

Cara terbaik untuk menghindari stres dari pekerjaan sebenarnya adalah melakukan sesuatu yang kita sukai. Kenali kekuatan yang menjadi ciri khas kita, misalnya kreativitas, rasa ingin tahu yang besar, kebaikan, senang belajar, dan lain sebagainya, lalu manfaatkan talenta ini untuk mendapatkan kebahagiaan.

3. Jangan mengerjakan sesuatu yang dibenci

Karl Pillemer dari Universitas Cornell mewawancarai hampir 1.500 orang berusia 70-100 tahun mengenai pelajaran hidup dalam pernikahan, pola asuh anak, dan kebahagiaan. Hampir mayoritas menjawab salah satu kunci hidup bahagia adalah jangan bertahan dalam pekerjaan yang tidak disukai.

Halaman:


Sumber Time
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X