Yuk Mengenal Bahan Makanan Pokok di Indonesia

Kompas.com - 19/03/2014, 18:57 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com — Salah satu ciri khas masakan Indonesia adalah kaya bumbu dan bahan makanan pokok yang menggugah selera. Seperti dikutip dari fiestaseafood.com/sealicious, berikut beberapa bahan makanan pokok yang lazim dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Beras

Tentu Anda tidak memerlukan penjelasan terlalu banyak mengenai bahan makanan pokok yang satu ini. Beras adalah bahan mentah dari nasi. Beras diolah dengan cara ditanak atau dikukus. Selain dikonsumsi masyarakat Indonesia, beras juga menjadi bahan makanan pokok bagi sebagian besar penduduk Asia.

Nasi juga dapat diolah lagi bersama bahan makanan lain, menjadi masakan baru, yakni nasi goreng, nasi kuning, dan nasi kebuli. Sebagai sumber nutrisi, beras sebanyak 100 gr mengandung 78,3 gr karbohidrat, 7,6 gr protein, 1,1 gr lemak, dan vitamin B1.

Jagung

Walaupun pada era sekarang jagung lebih banyak digolongkan sebagai sayur, camilan, dan diolah menjadi lauk, masyarakat di masa lalu menggunakannya sebagai bahan pangan pokok. Nilai gizi yang dikandungnya pun tidak kalah dengan nasi. Dalam 100 gram jagung terdapat 355 kalori, 9,2 gram protein, 73,7 karbohidrat, dan nutrisi-nutrisi bermanfaat lainnya.

Sagu

Bahan pangan ini merupakan sumber energi yang setara dengan beras, jagung, singkong, kentang, dan tepung terigu. Dalam 100 gramnya, sagu memiliki 84,7 gram karbohidrat. Sayangnya, kandungan protein yang dimilikinya sangat sedikit, sebesar 0,7 gram dalam tiap 100 gramnya.

Karena potensi gizi sagu yang tidak selengkap dan sebaik makanan pokok lainnya, sebaiknya sagu dikonsumsi bersama bahan lain dengan kadar gizi yang lebih baik. Konsep diversifikasi konsumsi pangan seperti itulah yang telah dipraktikkan oleh masyarakat tradisional Maluku dan Papua. Umumnya, mereka mengombinasikan sagu dengan ikan dan sayuran lainnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X