Kompas.com - 27/03/2014, 09:49 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. DOK PUSKOMPUBLIK KEMENPAREKRAFMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.
|
EditorLusia Kus Anna

 


KOMPAS.com
- Sebagai seorang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, merasa apa yang ia lakukan dan ia kenakan harus mencerminkan Indonesia. Karena itu ia memilih untuk menggunakan kain nusantara dalam penampilannya.

Setiap kali menghadiri acara formal Mari memang sering memakai busana yang diolah dari kain-kain tradisional. Tak terkecuali saat ia menghadiri pagelaran busana karya Ghea Panggabean di Alun-Alun Grand Indonesia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Ia memilih rok pensil berwarna hitam yang dipadukan dengan blazer yang terbuat dari Songket Palembang.

Sementara itu untuk acara sehari-hari, termasuk saat ke kantor ia lebih banyak menggunakan batik. Tak jarang ia juga memilih memakai busana bersiluet kebaya modern yang terbuat dari batik.

"Dalam setiap acara saya selalu usahakan memakai busana dari kain tradisional, mulai batik, tenun, atau songket. Sekarang ini kan kain-kainnya sudah semakin bagus, apalagi kalau sudah jatuh ke tangan desainer pasti jadi makin bagus kreasinya," kata Mari.

Kegemaran perempuan kelahiran Jakarta, 23 Oktober 1956 ini untuk menggunakan busana berbahan kain tradisional dimulai sejak ia menjabat sebagai menteri. Masa jabatannya sebagai menteri yang dimulai sejak 10 tahun lalu ini membuatnya bisa lebih banyak mengenal keindahan dan kekayaan kain nusantara.

Mari menambahkan, pada awalnya ia merasa belum nyaman dan percaya diri. Hanya saja ia tetap bertekad untuk selalu menonjolkan keindahan dan kekuatan Indonesia kepada setiap orang yang ditemuinya, baik di Indonesia ataupun dari negara lain. "Lama-lama jadi nyaman dan malah jadi cinta dengan kain tradisional," kata ibu dua anak ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.