Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ghea Panggabean Tampilkan Khazanah Songket Palembang

Kompas.com - 27/03/2014, 16:58 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com -  Kekayaan kain tradisional Indonesia memang tak pernah habis untuk diolah. Berangkat dari kecintaannya terhadap kain Palembang, desainer Ghea Panggabean meluncurkan koleksi busana terbarunya yang bertajuk "Treasures of Sriwijaya".

Pada pergelaran busananya di Alun-alun Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (26/3/2014), Ghea mengatakan, "Saya cinta dengan kain tradisional, sejak 35 tahun lalu saya konsisten mengolahnya. Dari dulu juga saya suka kain Palembang, makanya sekarang saya olah lagi Songket Palembang,"

Selain kecintaannya pada kain Palembang, ternyata menurut Ghea wastra songket dari Sumatera Selatan ini proses pengerjaannya rumit dan memerlukan talenta serta konsentrasi yang tinggi. Maka dari itu, Songket Palembang dinobatkan sebagai The Queen of Handwoven Textiles.

Pada koleksinya kali ini, Ghea menghembuskan keindahan warisan bumi Sriwijaya. Busana-busana yang ditampilkan didominasi dengan nuansa warna gelap, misalnya merah marun, hijau tua, dan hitam. Untuk menyempurnakannya, kain songket karya Ghea disatukan dengan motif-motif khas Palembang yang dibuat dengan benang emas, sehingga tercapai penekanan nuansa mewah pada tekstur bahan.

Karya Ghea ini dengan cerdas menjawab kebutuhan wanita yang “haus” akan kemewahan sekaligus kenyamanan dalam fleksibilitas sesuai kebutuhan untuk berbagai momen berbeda. Songket Palembang digubah menjadi varian busana cantik seperti blazer, kemeja, gaun panjang bertali, gaun strapless, gaun mini, kebaya modern, jaket dan mantel ringan, rok pensil, dan kaftan.

"Semua busananya dibuat sesuai dengan gaya hidup semua perempuan.  Tidak cuma untuk dewasa saja, tapi ada juga koleksi untuk anak-anak dari Ghea Kids. Desain untuk anak ini kebanyakan adalah gaun pesta. Tujuannya biar mereka juga kenal kain tradisionalnya sejak dini," Kata Janna Soekasah, putri kembar Ghea.

Koleksi tableware songket

Selain meluncurkan koleksi busana, Ghea juga meluncurkan koleksi tableware terbarunya. Senada dengan inspirasi busananya, Ghea juga merancang peranti makan dengan desain Songket Palembang, yang terdiri dari piring, mangkuk, serta cangkir. "Ini menunjukkan kalau kreativitas itu tidak ada batasnya. Ini namanya fashion meet tableware. Sekarang semuanya bisa dikolaborasikan jadi satu," kata Ghea.

Ini merupakan koleksi tableware Ghea yang ketiga. Sebelumnya, ia juga sempat mengeluarkan koleksi tableware bernuansa Palembang juga. Namun yang membedakan, koleksi terbarunya ini bernuansa lebih antik dan berkilau dengan sentuhan warna emas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com