Manfaat Membuka Tirai Kamar di Pagi Hari

Kompas.com - 28/03/2014, 09:20 WIB
Tirai jendela sangat penting Anda perhatikan di kamar tidur, terutama jika Anda mengalami kesulitan tidur hanya gara-gara cahaya lampu jalan atau tiang listrik yang masuk ke kamar Anda sepanjang malam. Jika www.shutterstock.comTirai jendela sangat penting Anda perhatikan di kamar tidur, terutama jika Anda mengalami kesulitan tidur hanya gara-gara cahaya lampu jalan atau tiang listrik yang masuk ke kamar Anda sepanjang malam. Jika
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Usai hujan semalaman, tantangan paling sulit adalah membuka mata di pagi hari. Rasanya masih ingin berbaring malas di bawah selimut, setidaknya untuk dua jam ke depan. Tetapi, apa mau dikata, semua tinggal mimpi karena Anda harus segera bersiap-siap beraktivitas dan bekerja.

Saat Anda membutuhkan tiga kali mematikan alarm untuk akhirnya benar-benar terbangun dari tempat tidur, itu merupakan tanda kelelahan yang menyatu dengan rasa malas. Seperti dikutip dari SHAPE, untuk membangkitkan energi dan tubuh lebih bersemangat, salah satu cara yang terbilang efektif adalah membuka tirai kamar di waktu pagi.

Pencahayaan alami adalah sinyal penting untuk jam internal tubuh, yaitu mekanisme dalam otak yang membuat Anda melakukan berbagai aktivitas dari mulai tidur di malam hari hingga sarapan. Riset menunjukkan bahwa terpapar sinar matahari pagi dapat membantu Anda lebih terjaga dan meningkatkan energi sepanjang hari, bahkan memacu metabolisme.

SHUTTERSTOCK Ilustrasi

Hal ini menjadi semakin penting di musim hujan, “Langit mendung dan udara yang sejuk membuat Anda merasa malas dan dapat menghadirkan perasaan sedih atau depresi musiman,” ujar Michael Terman, Ph.D., Direktur Center of Light Treatment di Columbia University Medical Centre.

Jika posisi kamar Anda memang tidak mendapatkan banyak sinar matahari, gunakan lampu fluourscent putih untuk membuat Anda semangat menghadapi hari dan musim yang baru. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X