Kompas.com - 05/04/2014, 08:58 WIB
Julie Estelle, Brand Ambassador Veet, krim penghilang bulu. DOK. VEETJulie Estelle, Brand Ambassador Veet, krim penghilang bulu.
Penulis Wardah Fajri
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Setiap kali menggunakan produk perawatan kulit sebaiknya ikuti aturan pakainya. Misalnya, setelah pakai krim penghilang bulu, tunggu 24 jam sebelum pakai deodoran.

Ahli Dermatologi, Shannaz Nadia Yusharyahya mengatakan kandungan zat kimia pada krim dan deodoran bisa bereaksi dan menimbulkan iritasi bahkan alergi jika dipakai dalam waktu berdekatan.

"Pakai bedak masih aman tapi jangan pakai deodoran setelah menghilangkan bulu ketiak dengan krim," katanya di sela re-launch krim penghilang bulu di Jakarta.

Sama halnya dengan aturan tunggu 72 jam sebelum pakai kembali krim penghilang bulu. Menurut Nadia, krim penghilang bulu mengandung bahan kimia untuk menghacurkan bulu. Jadi untuk pemakaian ulang sebaiknya kembalikan kulit ke kondisi normal terlebih dahulu.

"Istirahatkan dulu kulit sebelum pakai lagi," katanya.

Begitu pun pada pemakaian bahan lain, misal deodoran untuk ketiak. Jangan pakai deodoran atau produk dengan bahan aktif lain saat kulit belum dalam keadaan normal. Dengan kata lain, tunggu minimal 24 jam sebelum aplikasikan produk berbahan aktif lainnya.

"Kalau enggak ikuti instruksi, masalah yang kerap muncul adalah iritasi, kulit memerah bahkan melepuh," ujarnya.

Kalau sampai terjadi iritasi, Nadia menyarankan bersihkan kulit dengan air mengalir. Sementara untuk mencegah alergi atau iritasi, lakukan tes pemakaian produk perawatan kulit.

"Jika pemakaian pertama tidak menyebabkan kulit kemerahan, lakukan tes lagi. Bisa jadi pada pemakaian berikutnya ada iritasi. Kondisi kulit tidak selalu sama," tuturnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X