Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/04/2014, 16:44 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com – Cara pengasuhan yang orangtua terapkan terhadap Anda tidak selalu bisa diterapkan pada anak-anak Anda. Pengasuhan anak perlu dipikirkan bukan sekadar menjalani kebiasaan apalagi meneruskan pola lama orangtua Anda.

Psikolog, Anna Surti Ariani mengatakan parenting itu pilihan. Orangtua bisa memilih jalur mana pun, teknik apa pun. Namun, perlu dipahami bahwa dari setiap pilihan itu ada pengaruhnya terhadap seluruh anggota keluarga.

“Saat menentukan pilihan, pahami efeknya, bukan asal pilih bukan karena terbiasa. Meski cara yang orangtua pakai dulu beres-beres saja, bukan berarti bisa diterapkan pada zaman sekarang. Anak Anda bukan Anda lagi, bahkan ada tambahan dari pasangan,” kata Nina, sapaan akrabnya, dalam kelas parenting New Parent Academy di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pentingnya prioritas
Untuk membuat pilihan pengasuhan, kata Nina, orangtua perlu memiliki prioritas. Hal ini akan memengaruhi cara orangtua dalam mendidik anak.

Menurutnya, prioritas pengasuhan anak ini ditentukan oleh prioritas pasangan suami istri dalam menjalani pernikahan.

"Setiap pasangan menikah punya prioritas sendiri akan membawa pernikahan ke mana, membawa anak-anak ke arah mana. Prioritas ditentukan berdasarkan visi pernikahan," katanya.

Dengan memiliki prioritas pernikahan, orangtua bisa mengambil langkah terbaik untuk pengasuhan anak, bukan sekadar mengasuh melanjutkan cara lama, cara orang tua yang belum tentu tepat untuk Anda masa kini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com