Kompas.com - 05/04/2014, 17:38 WIB
/Ilustrasi Shutterstock/Ilustrasi
Penulis Wardah Fajri
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com — Terkadang mendapatkan pujian itu menyenangkan, apalagi datang dari pria yang Anda suka. Namun, tak semua pria bisa menyampaikan pujian dengan tepat. Maksud hati memuji tapi malah bikin sakit hati.

Berikut pujian paling buruk yang terlontar dari mulut pria dan dibenci wanita:

1. "Wow, bokongnya besar"
Maksudnya mungkin memuji tubuh berisi wanita, tetapi melontarkan pujian semacam ini benar-benar kesalahan fatal pria yang paling dibenci wanita. Wanita paling tidak suka orang lain mengomentari tubuhnya apalagi menyebutkan ukuran.

Alih-alih menyebut ukuran, wanita lebih suka mendengar komentar seperti "Kamu seksi sekali". Pujian ini lebih simpel, langsung, dan tidak menimbulkan asumsi macam-macam.

2. "Ibu saya bilang kamu pacar terbaik yang pernah saya bawa ke rumah"
Mungkin maksudnya si dia ingin mengatakan bahwa hubungan Anda dan dia sudah mendapatkan restu dari ibunya. Namun, kata-kata seperti ini menimbulkan pertanyaan bahkan menyinggung. Pasalnya, kalau sampai kata-kata itu yang muncul, artinya ada pembicaraan antara si dia dengan ibunya yang terkesan membandingkan Anda dengan pacar lamanya. Tak ada yang suka dibandingkan bukan?

Sebenarnya ada cara yang lebih manis untuk mengatakan hal ini, misalnya "Ibu saya suka sama kamu". Mengapa pujian seperti ini penting? Karena perempuan kerap mengkhawatirkan penilaian orangtua pasangannya.

3. "Yakin enggak mau punya anak? Pinggulmu mendukung loh"
Pria mengagumi tubuh wanita, termasuk area pinggul yang seksi. Kadang pujian ini disampaikan pada kencan pertama. Namun jika salah kaprah menyampaikannya, maka kencan akan berakhir bencana. Kata-kata seperti ini misalnya, juga menunjukkan maksud lain bukan sekadar memuji pinggul seksi. Pria seakan menunjukkan ia ingin meniduri Anda.

Wanita lebih suka pria diam daripada melontarkan kata-kata yang mengarah kepada penilaian fisik atau ajakan seksual semacam ini.

4. "Wow kamu berotot"
Wanita yang memiliki tubuh berotot kencang terkesan maskulin. Bagi sebagian pria hal ini mengagumkan atau sebaliknya, mengerikan. Kalaupun mengagumi, akan sangat menganggu bagi wanita jika pria menyampaikannya tanpa perasaan.

Alih-alih fokus pada otot, wanita lebih suka pria mengatakan, "Kakimu kencang ya". Lagi-lagi, wanita tak suka menerima penilaian seputar tubuhnya. Jadi menggunakan kata yang tepat itu penting jika maksudnya memang memuji.

5. "Kamu bukan wanita tercantik yang saya temui hari ini, tapi kamu punya gaya dan kepribadian"
Sebagian pria mengandalkan pujian ini untuk memikat hati wanita. Padahal, pujian ini tak selalu berhasil pada semua wanita. Cara ini tak cukup efektif bahkan terbilang kasar jika maksudnya adalah memuji penampilan wanita.

Wanita lebih suka dibilang, "Kamu terlihat mengagumkan". Pujian tersebut lebih simpel dan jelas. Meski terkesan picisan, wanita tetap akan merasa lebih tersanjung.



Sumber yourtango
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X