Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/04/2014, 18:54 WIB

KOMPAS.com - Hasil penelitian menyebutkan calon karyawan yang memiliki berat badan berlebih cenderung sulit mendapatkan pekerjaan. Kesempatan mereka memperoleh pekerjaan lebih rendah 27 persen ketimbang orang dengan berat badan ideal.

Penelitian yang dilakukan oleh Ohio's Bowling Green State University mengungkapkan, hal ini terjadi karena beberapa pewawancara percaya pada "prasangka" yang berkaitan dengan orang gemuk yang dianggap tidak bisa bekerja cepat dan pemalas. 

Selain itu, orang gemuk dianggap buruk saat sesi wawancara, karena merasa tidak percaya diri, mereka jadi merasa ragu-ragu dan grogi.  Akibatnya, mereka dianggap tak menarik jika harus berhubungan dengan orang lain, misalnya klien. 

Salah satu wanita di New York berbagi pengalamannya, setelah melakukan wawancara bersama dengan 20 partisipan pada tahun 2011, ia memperhatikan bahwa semua partisipan yang diterima kerja adalah mereka yangbertubuh ideal. Tujuh partisipan yang tidak diterima bekerja adalah mereka yang kelebihan berat badan.

"Salah seorang wanita hampir menangis saat menyadari bahwa pihak HRD memilih mereka berdasarkan bentuk badan," ungkapnya, seperti dikutip dari NY Daily News.

Hal yang serupa pun dialami oleh Louisa Verth, seorang pengacara yang kelebihan berat badan. Saat itu, ia melamar pekerjaan yang sama dengan pekerjaan yang ia miliki sebelumnya. Verth juga memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup banyak. Namun, dalam wawancara dengan pihak HRD, ia sama sekali tak ditanya tentang pengalaman dan kemampuannya. 

"Mereka bilang bahwa klien tidak akan suka pengacara yang bertubuh gemuk sepertiku. Entahlah, padahal aku sudah berpengalaman 10 tahun lebih menjadi pengacara," ucap Verth dengan sedih.  

Memang, kemampuan seseorang tidak berkaitan dengan bentuk tubuh atau berat badan, tetapi penampilan tetap saja dianggap tak kalah penting.  

Verth yang akhirnya membuka kantor pengacara milik sendiri menegaskan bahwa kemampuannya tidak diperhitungkan sama sekali ketika melamar, karena pihak HRD langsung mempermasalahkan tubuhnya yang gemuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com