Kompas.com - 16/04/2014, 10:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna


TANYA:

Selamat sore dok, saya mengalami gigi berlubang yang lubangnya sudah agak besar sampai pinggir gigi berlubang tersebut patah sebelah. Saya berusaha mempertahankan gigi tersebut karena saya takut sekali akan resiko yang akan saya dapat nanti jika saya mencabut gigi geraham saya yang berlubang tadi.  

Tapi dok, untuk saat ini sakitnya sudah hilang semenjak saya sikat gigi teratur dengan pasta gigi tertentu dan mouthwash tertentu. Meskipun sudah hilang rasa sakitnya tapi kenapa ya semakin lama semakin tambah sakit kalau dipakai untuk mengunyah jika ada makanan yang terselip. Sakitnya luar biasa dok, saya pernah sampai pingsan. Mohon bantuannya apakah saya harus tetap mencabut gigi yang berlubang ini atau tetap dipertahankan ya?
 
Shintya (21), Bekasi

JAWAB:

Shintya yang baik,
Pada kasus Anda, yaitu gigi berlubang besar serta ada riwayat sakit spontan yang hilang dan timbul, menandakan bahwa anda sedang mengalami infeksi gigi yang telah mencapai ke ruang saraf dan pembuluh darah gigi. Sedangkan rasa sakit yang timbul ketika Anda mengunyah makanan, menandakan infeksi tersebut telah mencapai ujung akar gigi.

Salah satu pilihan perawatannya adalah dengan melakukan perawatan saluran akar gigi. Tujuan perawatan saluran akar gigi ini adalah mempertahankan gigi yang tersisa dengan menciptakan kondisi yang bebas dari infeksi apapun di seluruh bagian gigi dan jaringan sekitar gigi, serta mengembalikan fungsi kunyah dan estetik melalui pembuatan mahkota gigi sesuai dengan bagian gigi yang tersisa.

Jumlah kunjungan perawatan saluran akar gigi bervariasi, tergantung beratnya kasus. Biasanya diperlukan kunjungan lebih dari 1 kali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Langkah-langkah perawatan saluran akar gigi diawali dengan membuka akses dari mahkota gigi yang sudah berlubang tadi, menuju ke ruang gigi yang berisi saraf dan pembuluh darah. Setelah itu saraf dan pembuluh darah yang sudah terinfeksi tersebut diambil, kemudian dilanjutkan dengan membersihkan saluran akar gigi.

Kemudian dilakukan pemberian obat di dalam saluran akar hingga mencapai bagian ujung akar gigi untuk menyembuhkan peradangan di ujung akar gigi tersebut. Ketika seluruh keluhan sudah tidak ada, baru bisa dilakukan pengisian saluran akar menggunakan bahan pengisi saluran akar (gutaperca). Setelah itu dilakukan pembuatan mahkota gigi dan pemasangan pasak gigi jika diperlukan.

Dalam melakukan perawatan saluran dibutuhkan ketelitian yang tinggi dari Dokter Gigi, serta diperlukan kesabaran pasien. Anda dapat melakukan perawatan saluran akar gigi di Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (Drg., SpKG) yang memang mendalami ilmu perawatan ini.

Sebagai referensi tambahan, Anda dapat pula membaca jawaban konsultasi kesehatan gigi dan mulut pada tanggal 15 April 2013, dengan judul "Ditambal sementara, gigi kok tambah sakit?".
Demikian Shintya, semoga lekas membaik dan salam gigi sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.