Terapi Tirah Baring Buat Ibu Hamil Makin Cemas dan Stres

Kompas.com - 27/04/2014, 15:48 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com Ibu hamil yang rentan bersalin secara prematur, umumnya dianjurkan untuk melakukan terapi bed rest atau sering disebut juga dengan tirah baring. Terapi ini mewajibkan ibu hamil untuk beristirahat total, membatasi aktivitas secara signifikan, dan menghabiskan sebagian besar waktu dengan berbaring serta beristirahat di atas kasur.

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya belum ada penelitian yang memberikan bukti kuat dan akurat bahwa terapi tirah baring ini dapat mencegah bayi terlahir prematur. Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam The American Congress ofObstericians and Gynecologist, mengatakan bahwa bed rest atau tirah baring sebenarnya tidak efektif untuk ibu hamil.

Menurut penelitian yang dikutip dari USAToday, dari 646 ibu hamil yang menjalani tirah baring karena disinyalir berisiko melahirkan secara prematur akibat leher rahim yang pendek, sekitar 37 persen tetap melahirkan bayi prematur!

“Studi ini menujukkan, tirah baring (bed rest) tidak mencegah kelahiran prematur pada ibu hamil yang berisiko tinggi,” ungkap Dr. Catherine Spong, dari National Institute of Health, Amerika Serikat.

Pada studi lain juga menguak fakta bahwa tirah baring justru meningkatkan rasa cemas, gelisah, dan stres pada ibu hamil. Kondisi yang demikian mengurangi kekuatan dan otot ibu hamil yang berguna pada proses persalinan.

Maka dari itu, Dr Catherine menyarankan untuk berdiskusi lebih lanjut dengan dokter mengenai terapi tirah baring ini sebelum benar-benar melakukannya. Pada dasarnya, hanya ibu hamil sendiri lah yang bisa menakar kekuatan dan keberdayaan mereka di masa kehamilan.  

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X