Malam Ini, Anda Harus Tidur Lelap

Kompas.com - 27/04/2014, 19:10 WIB
Kalau mengalami sulit tidur, coba ubah posisi tidur ke sisi kiri. SHUTTERSTOCKKalau mengalami sulit tidur, coba ubah posisi tidur ke sisi kiri.
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com - Tidur malam yang nyenyak akan membantu Anda merasa lebih segar dan bersemangat saat bangun pagi. Sayangnya, tidak semua orang bisa tidur malam dengan nyenyak.

Sejumlah alasan dituding menjadi biang kerok penyebab sulit tidur malam, beberapa di antaranya adalah tumpukan pekerjaan yang tertunda, stres, terlalu lelah, atau bisa jadi karena patah hati.

Padahal sebenarnya, tidur malam dengan nyenyak bisa dicapai asalkan mau melatih diri melakukan kebiasaan-kebiasaan positif yang dapat membantu Anda cepat mengantuk. Para dokter di Amerika menyebutnya, Sleep Hygiene.

Cara ini diklaim lebih ampuh dibandingkan menghitung domba bayangan demi mengundang kantuk. Berikut penjelasannya: 

1. Tidur di waktu yang sama setiap malam
Oke, realistis saja, hal ini memang tidak selalu mungkin dilakukan. Namun, ini bukan sesuatu yang mustahil. Sekali pun tidak selalu tepat waktu, usahakan untuk tidur di jam yang  sama setiap malamnya. Cara seperti ini akan melatih pikiran dan tubuh, bahwa jam yang telah Anda tentukan tersebut adalah waktu beristirahat. Jadi, misalkan Anda memilih jam 10 malam sebagai waktu terbaik untuk tidur, maka setiap hari usahakan untuk sudah berada di atas kasur, setidaknya setengah jam sebelumnya.

2. Bangun di waktu yang sama setiap hari
Kebiasaan yang satu ini juga tergolong sulit dilakukan, apalagi di akhir pekan. Namun, manfaat dari membiasakan diri terbangun di waktu yang sama akan membantu Anda menjalani rutinitas harian agar terus terarah. Kebiasaan ini akan membantu tubuh tidak mudah lelah. Memang tidak mudah untuk diterapkan, tetapi jika dilakukan secara rutin, tubuh akan segera beradaptasi dengan baik.


3. Kasur hanya untuk tidur dan bercinta
Disarankan agar tidak melakukan aktivitas apa pun di atas rancang, kecuali tentunya bercinta dengan sang suami. Sebab, membaca buku, memainkan gadget, dan nonton televisi, hanya akan membuat mata makin susah terpejam. Perlu Anda ketahui, bahwa cahaya dari ponsel akan menghambat produksi melatonin, yaitu zat kimia dari otak yang penting untuk membantu Anda tertidur. 


4. Pindah ruangan saat terbangun tengah malam
Mungkin Anda sering mengalami terbangun tengah malam dan susah kembali tertidur. Nah, misalkan kalau dalam waktu 20 menit, mata sulit untuk terlelap, coba Anda bangkit dari kasur dan pergi ke ruangan lain. Kemudian, alihkan pikiran dengan membaca buku atau memadumadankan busana untuk kerja esok hari. Memaksa tubuh untuk langsung beraktivitas, akan mendatangkan rasa kantuk lebih cepat.

5. Hindari kafein
Agar tidur nyenyak di malam hari, hindari mengonsumsi kafei dan alkohol di waktu menjelang Anda tidur.Kemudian, biasakan diri untuk berolahraga di pagi hari. Perut yang terlalu kenyang di malam hari juga dapat membuat Anda sulit tidur, maka dari itu beri jeda setidaknya dua hingga tiga jam antara makan malam dengan waktu tidur.

Jika masih belum mengantuk di malam hari, cobalah untuk minum susu hangat atau mandi air hangat. Sebab, suhu tubuh yang hangat menciptakan perasaan yang nyaman dan tenang. Dengan demikian, untuk jatuh tertidur pun lebih mudah. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber YouBeauty
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X