Ragam Manfaat Mengolah Sisa Kulit Apel

Kompas.com - 30/04/2014, 15:01 WIB
Apel shutterstockApel
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Dalam beberapa resep olahan apel, Anda hanya membutuhkan daging apelnya saja. Karena tak terpakai, kulit apel ini biasanya dibuang. Padahal sebenarnya vitamin dan kandungan serat banyak terdapat di bawah kulit apel.

Daripada dibuang, olah sisa kulit apel untuk hal-hal yang lebih bermanfaat berikut ini:

1. Campuran jelly
Kulit apel mengandung vitamin C yang tinggi. Faktanya, hampir setengah kandungan total vitamin C dalam apel justru berada di bagian kulitnya. Selain vitamin C, kulit apel juga mengandung antioksidan yang tinggi. Untuk mendapatkan antioksidan dan vitamin yang tinggi, gunakan kulit apel untuk membuat jelly atau agar-agar.

Caranya, rebus kulit apel dengan air selama 20-30 menit. Kemudian, saring air rebusan tersebut. Masak lagi air rebusan kulit apel dan campur dengan jelly dan gula. Tuangkan ke dalam cetakan dan dinginkan.

2. Membersihkan piranti masak
Setelah memasak, ada beberapa hidangan yang meninggalkan kerak sisa makanan di bawah panci atau penggorengan alumunium. Untuk membersihkan sisa kerak ini, gunakan saja kulit apel.

Kandungan asam di dalam kulit apel akan menghilangkan kerak bandel sekaligus mengembalikan kilaunya. Cara pakainya pun cukup mudah, rebus air dengan kulit apel menggunakan panci atau wajan yang berkerak. Setelah mendidih, rendam panci atau wajan dengan campuran air dan kulit apel selama 20-30 menit. Setelah itu cuci seperti biasa.

3. Membuat sari apel
Tenangkan dan buat hari Anda jadi lebih santai dengan menyeruput secangkir sari apel. Minuman ini terbuat dari rebusan kulit apel yang dicampur dengan air jeruk lemon dan kayu manis bubuk. Sebagai pemanis, Anda bisa menambahkan madu ke dalamnya.

4. Mengharumkan ruangan
Kulit apel juga bisa digunakan untuk mengarumkan ruangan. Untuk menghadirkan keharuman apel yang lembut, Anda bisa membuat pengharum apel ini sendiri.

Bahan yang dibutuhkan adalah batang kayu manis, jahe atau cengkeh, lemon jus dan kulit apel. Campur semua bahan ini dan rebus bersama-sama sampai mendidih. Setelah dingin, masukkan ke dalam botol dan letakkan di tempat yang diinginkan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X