Raih Cita-cita dengan Gaya Busana nan Elok

Kompas.com - 07/05/2014, 12:24 WIB
shutterstock ilustrasi

KOMPAS.com - Kata siapa busana yang Anda kenakan cuma sekadar pelindung tubuh dan  penunjang penampilan semata? Meskipun sebagian orang menganggap busana sebagai status sosial. Namun, sebenarnya padu-padan busana yang elok bisa memudahkan Anda meraih sukses dan cita-cita.

"Jangan salah, fashion itu matters. Gaya berbusana sangat memengaruhi kesuksesan seseorang. Ada yang bilang tidak terlalu peduli dengan busana, tapi kenyataannya enggak bisa juga selalu seperti itu," kata motivator, Merry Riana beberapa waktu lalu di Jakarta. 

Merry menambahkan, busana yang dipakai seseorang akan membuat mereka merasa lebih percaya diri dengan penampilannya. "When you look good, your feel good. When you feel good, you are good," ujarnya.

Berikut panduan praktis untuk semua wanita yang sedang berupaya merealisasikan cita-cita:

1. Penampilan keseluruhan
Kesan pertama menentukan segalanya. Sebuah fakta mengungkapkan bahwa 10-20 detik pertama menentukan kesan pertama. "10-30 detik pertama adalah waktu yang dibutuhkan untuk membaca karakter general tentang seseorang. Ini sangat penting terutama untuk yang sedang mencari pekerjaan atau menjalin relasi," kata Merry. 

Benar memang untuk mendapatkan pekerjaan, proyek, memenangkan tender, memerlukan banyak faktor pendukung lainnya, bukan semata-mata tergantung pada busana yang Anda kenakan. Namun, paling tidak kesan pertama yang baik tentang diri Anda akan memudahkan Anda untuk melebarkan kesempatan meraih sukses atau pekerjaan impian. 

Merry menyarankan, saat ingin mencari kerja atau menjalin relasi potensial untuk bisnis, Anda memang harus terlihat profesional. "Tapi tidak harus selalu pakai power suit seperti blazer. Kenakanlah busana yang bisa menggambarkan dan menunjukkan profesi, usaha, serta perusahaan Anda dengan baik," sarannya.  

Selain model busana, warna juga bisa membantu memaksimalkan penampilan. Kalau ingin menunjukkan semangat, kenakanlah busana warna merah. Jika ingin jadi orang yang selalu diingat dan menonjol, pililah warna busana yang mencolok, misalnya kuning, merah, hijau, dan hindari warna-warna gelap.

2. Perilaku
Setelah mendapat kesempatan dan jalan menuju kesuksesan, maka berperilakulah yang baik, ini akan membuat orang lain kian "terpesona" dengan Anda. 

Perilaku yang dimaksud bukan sebatas tingkah laku yang Anda perlihatkan kepada orang lain, tapi juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. "Jangan cuma berpikir tentang baju apa yang akan dipakai tapi pikirkan juga sifat dan semangat apa yang akan Anda bawa hari ini, untuk mendukung kepercayaan diri Anda," katanya.  

3. Komunikasi
Komunikasi adalah hal penting untuk mencapai kesuksesan. Cara berkomunikasi dengan lingkungan sekitar memengaruhi cara menjalin relasi, mendapatkan kesempatan, dan mempromosikan diri. Setiap orang harus bisa menyuarakan keinginan mereka dengan sebaik-baiknya, agar visi dan misi kerjanya jelas.


EditorSyafrina Syaaf

Close Ads X