3 Cara Agar Tak Terburu-buru Memilih Pasangan Hidup

Kompas.com - 10/05/2014, 15:58 WIB
Saat Anda sudah ‘mengenali’ pasangan, Anda akan lebih siap mental menjalani pernikahan. Dok ProdiaSaat Anda sudah ‘mengenali’ pasangan, Anda akan lebih siap mental menjalani pernikahan.
Penulis Wardah Fajri
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Masa kencan punya peran penting untuk memberikan kesempatan kepada Anda menentukan pilihan tepat pasangan hidup. Anda punya hak memilih pria terbaik yang bisa menjadi pasangan seumur hidup.

Jadi, jangan terburu-buru memutuskan menikah kalau Anda belum benar-benar yakin si dia adalah pilihan tepat untuk menjadi suami karena pernikahan sebaiknya terjadi hanya sekali seumur hidup.

Agar terhindar dari keputusan terburu-buru dalam memilih pasangan hidup, ikuti tiga cara ini:

1. Bedakan percakapan langsung dengan pesan singkat
Apa pun yang disampaikan melalui pesan singkat menggunakan berbagai perantara teknologi akan berbeda maknanya dengan percakapan langsung. Ada emosi yang terlibat saat berbicara langsung dengan pasangan. Jadi seromantis apa pun kesan yang muncul dari si dia, selama itu berasal dari pesan singkat, jangan lantas mengandalkan penilaian ini untuk memilih pasangan hidup. Berikan penilaian terhadap pasangan dari kontak langsung bukan melalui perantara apa pun.

2. Beri waktu untuk berkencan
Beri kesempatan pada diri Anda juga si dia untuk sama-sama menilai dan memikirkan arah hubungan. Masa kencan juga memberi peluang bagi Anda untuk lebih mengenal seluk beluk kepribadian si dia.

3. Jangan mudah terbawa suasana
Anda perlu mengenal pasangan lebih jauh untuk menentukan apakah si dia bisa menjadi suami idaman. Meski pada masa awal kencan si dia memberi kesan yang manis, jangan langsung terpedaya. Beri waktu lebih lama untuk benar-benar mengenalinya. Kalau sepanjang Anda berkencan si dia selalu menunjukkan sikap yang baik tandanya ia jujur apa adanya. Kalau memang cocok dengan kriteria Anda dalam memilih suami, lanjutkan hubungan. Kalau tidak, beri lagi waktu untuk membuat keputusan.


Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Your Tango
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X