Posisi Tidur Suami dan Istri Tentukan Keharmonisan Rumah Tangga

Kompas.com - 11/05/2014, 11:52 WIB
Mimpi bercinta itu tak aneh kok. shutterstockMimpi bercinta itu tak aneh kok.
|
EditorSyafrina Syaaf


KOMPAS.com -- Selain komunikasi dan seks, ternyata posisi tidur pasangan suami istri juga menentukan kualitas hubungan. Salah posisi tidur bisa membuat pernikahan bergulir runyam. Apa pasal?

Penelitian yang dilakukan di University of Hertfordshire, Inggris, terhadap 1.000 partisipan menyatakan bahwa pasangan yang tertidur dengan posisi yang sarat kontak fisik dapat membuat hubungan semakin harmonis dan hangat.

Kontak fisik yang dimaksud adalah tidur sambil berpelukan dan berpegangan tangan. Kondisi ini secara tidak langsung mencerminkan rasa saling membutuhkan satu sama lain, selalu merindukan pasangan, dan keinginan untuk selalu bersama.

"Sekitar 94 persen pasangan bahagia ternyata selalu melakukan kontak fisik dengan pasangannya saat tertidur, dibandingkan dengan 68 persen lainnya yang tidak saling bersentuhan," kata Richard Wiseman, penulis studi.

Penelitian lain yang dihelat tahun 2013 silam membeberkan bahwa pasangan yang sering terganggu jam tidurnya memperlakukan pasangannya secara tidak baik sepanjang hari. Kemudian, studi di University of Chicago menemukan fakta bahwa kurang tidur bisa membuat hormon testosteron pria menurun. Akibatnya, mereka sering kehilangan gairah bercinta.

Pada dasarnya, kebahagiaan rumah tangga itu tergantung dari komitmen masing-masing pasangan yang menjalaninya. Selama bisa menjaga kesetiaan dan kualitas cinta, maka posisi tidur yang berjarak sekalipun tidak akan memengaruhi hubungan suami istri. Hal ini dibuktikan oleh sejumlah pasangan yang masih langgeng menikah, di mana 2 persen di antaranya tidur dengan jarak 30 inci, 42 persen tidur dengan saling membelakangi pasangan, lalu 31 persen lainnya tidur menghadap ke arah yang sama. Hanya 4 persen yang mengaku tidur saling berhadapan dengan pasangan masing-masing.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X