Kompas.com - 20/05/2014, 16:41 WIB
Blue Band mengadakan kompetisi digital membuat kue Lebaran tren Mash-Up, berani coba? KOMPAS.com/Wardah FajriBlue Band mengadakan kompetisi digital membuat kue Lebaran tren Mash-Up, berani coba?
Penulis Wardah Fajri
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Tren Mash-Up dalam dunia baking menjadi lebih beragam dengan hidangan Indonesia. Jika di negeri asalnya, Amerika Serikat, tren Mash-Up menghasilkan Cronut (Croissant-Donut), di Indonesia, tren Mash-Up bisa menghasilkan lebih dari 10 resep kue.

Juru masak profesional dan seorang juri di kompetisi memasak, Chef Degan Septoadji, menciptakan 10 resep kue Lebaran dengan tren Mash-Up atas dukungan Blue Band Cake & Cookie.

Untuk menginspirasi juga menggali kreativitas kalangan ibu atau siapa pun yang gemar membuat kue, Blue Band Cake & Cookie menggelar kompetisi digital membuat kue Mash-Up. Peserta juga harus berbagi pengalamannya dalam membuat kue Mash-Up sesuai 10 resep yang ada atau kreasi sendiri. Kompetisi yang bertajuk Blue Band Mash-Up Baking Challenge ini berlangsung Mei hingga Agustus 2014. Masih ada waktu untuk mendaftar melalui website Blue Band.

Berani coba?
Menurut Chef Degan, tak ada aturan baku untuk berhasil membuat resep kue Mash-Up. Percampuran bahan tertentu kembali kepada selera. Namun jika ingin kue buatan Anda digemari banyak orang, pastikan perpaduan bahan atau kue tertentu bisa menjangkau banyak selera.

Tak perlu khawatir untuk mencoba karena menurut Chef Degan pemula pun bisa membuat kue Mash-Up, baik mengikuti resep yang ada atau menciptakan resep sendiri. Kuncinya, memahami rasa.

"Mencampurkan keju, pisang, cokelat itu masih familiar, lihat selera masyarakat jika ingin membuat kue Mash-Up," tuturnya dalam temu media di Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Chef Degan mengatakan, yang terpenting dalam membuat kue Mash-Up adalah keseimbangan rasa. Saat memadukan bahan dibutuhkan kejelian mencampur bahan yang rasanya masih selaras jadi tidak terlalu berbenturan.

"Nastaple misalnya, nastar dan apel. Adonan nastar ada filling dari nanas yang rasanya asam manis. Apel ada yang asam dan manis. Kalau dipadukan dengan nastar pilih apel yang asam, apel Malang misalnya, lalu campur karamel yang mengandung gula jadi ada manisnya. Rasa apelnya asam manis. Jadi seimbang rasanya dengan nastar," kata Chef Degan mencontohkan.

Menurutnya, boleh saja berkreasi dengan asal campur bahan namun belum tentu hasilnya enak. Kalau mau tahu apakah kue Mash-Up buatan Anda enak atau tidak, Chef Degan punya triknya.

"Tanya saja diri sendiri mau makan atau enggak kue itu. Atau tanya anak Anda, karena anak paling jujur. Kalau anak mau makan berarti Anda berhasil," tuturnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X