Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2014, 14:32 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Makanan yang menggunakan bahan dasar bawang putih sangat banyak jumlahnya. Terutama masakan Indonesia yang kaya bumbu dan bercita rasa sedap serta gurih. Dengan demikian, bawang putih pun menjadi bumbu dapur utama yang selalu dibutuhkan.

Apabila bawang putih yang digunakan tidak terlalu banyak, ini tak akan jadi masalah. Namun, jika sebaliknya, bisa jadi waktu Anda akan terkuras hanya untuk mengupas bawang putih saja.

Hal yang demikian, tentunya sangat merepotkan, dan pasti akan meninggalkan bau di tangan. Lalu, adakah cara praktis untuk mengupas bawang dalam jumlah banyak?

Seperti dikutip Marthastewart.com, cara mudah untuk mengupas bawang putih dengan kuantitas yang berlimpah, ternyata tidak membutuhkan pisau. Hanya dua buah baskom stainless steel dan satu bonggol bawang putih yang dilepaskan menjadi siung-siung kecil.

Selanjutnya, masukkan satu bonggol bawang putih ke dalam salah satu baskom. Lalu, tutup dengan satu baskom berukuran sama lainnya. Setelah itu, pegang kedua bagian tepi baskom dan goyangkkan seperti gerakkan mengocok ke atas dan ke bawah. Kocok dengan kuat selama beberapa menit.

Tekanan yang berasal dari tenaga mengocok tersebut membuat kulit bawang putih terkupas dengan sempurna. Nah, kini, bawang putih telah terkupas dan siap diolah.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com