Kompas.com - 26/05/2014, 15:33 WIB
Berbagai model dan bentuk kalung mutiara dipajang untuk menarik minat pembeli dalam ajang Indonesia Pearls Festival 2012 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (31/10/2012). Mutiara sebagai perhiasan banyak diminati karena jenis dan bentuknya yang beragam disamping harganya yang terjangkau. Pameran akan berlangsung hingga 4 November mendatang.
 
KOMPAS/PRIYOMBODOBerbagai model dan bentuk kalung mutiara dipajang untuk menarik minat pembeli dalam ajang Indonesia Pearls Festival 2012 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (31/10/2012). Mutiara sebagai perhiasan banyak diminati karena jenis dan bentuknya yang beragam disamping harganya yang terjangkau. Pameran akan berlangsung hingga 4 November mendatang.
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com — Warnanya yang putih mengilap, bentuk bulat yang merefleksikan makna infinity, dan selalu sesuai dipadankan dengan jenis busana apa pun membuat perhiasaan kalung mutiara banyak disukai sejumlah wanita.

Meskipun nilainya tidak setinggi emas, kalung mutiara tak kalah pamor. Sebaliknya, banyak wanita yang lebih memilih mengenakan kalung mutiara karena dianggap mampu memberikan sentuhan glamor pada penampilan yang sederhana.

Namun, merawat kalung mutiara tidak semudah mengenakannya. Pasalnya, teksturnya yang mudah tergores dan retak bisa mengurangi kecantikannya secara utuh. Oleh karena itu, untuk mencegah kalung mutiara supaya tidak cepat rusak, Anda harus berhati-hati.

Salah satu cara untuk menjaga kualitas kalung adalah dengan tidak menggantungnya di lemari. "Ketika disimpan dalam posisi tergantung, benang sutra yang digunakan untuk merangkai mutiara akan jadi semakin lemah dari waktu ke waktu," kata Helena Krodel dari Jewelry Information Center, New York.

Dengan demikian, benang yang semakin lemah lama-kelamaan akan terputus. Selanjutnya, butiran mutiara akan jatuh ke lantai, dan retak hingga tak lagi layak untuk dikenakan sebagai aksesori.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X