Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2014, 18:43 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com -- Selama ini cara paling populer untuk mengempukkan daging adalah dengan direbus. Mungkin tak jadi masalah kalau Anda ingin mengolah rendang, empal, atau semur. Proses rebusan akan membuat dagingnya lebih lembut dan empuk. 

Namun, lain cerita kalau Anda ingin mengolah daging steak atau daging panggang. Biasanya proses mengempukkan daging dilakukan dengan cara dibalut daun pepaya atau dipukul-pukul agar otot daging lemas. Sayangnya, cara ini memakan waktu lama.

Alternatif lain untuk membuat daging empuk bisa dengan cara memanfaatkan kulit pisang. Kandungan bahan aktif alami di dalam kulit pisang ternyata bisa membantu menguraikan protein dalam daging sehingga bisa lebih cepat empuk. Hebatnya lagi, kulit pisang juga membuat daging yang diolah tidak kering.

Pilihlah kulit pisang dari pisang yang sudah matang. Lalu, cuci sampai bersih dan masukkan ke dalam panci pemanggang atau oven. Masak sampai dagingnya matang. Tambahan kulit pisang ini akan membuat daging cepat empuk, kenyal, dan gurih. Tenang saja, kulit pisang tak akan mengubah cita rasa daging.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com