Bayi Mandiri Lebih Periang

Kompas.com - 19/06/2014, 09:34 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Kemandirian adalah sebuah bentuk tempaan dan latihan, tidak akan terwujud dalam sendirinya. Peran orangtua sangat penting dalam mewujudkannya.

Latihan kemandirian tidak berarti menyetop kucuran kasih sayang dari orangtua. Ingat, pemberian kasih sayang tidak akan membuat bayi manja, sekaligus menghambat kemandiriannya.

Yang diperlukan adalah memberi kesempatan kepada bayi untuk menggunakan keterampilannya sesuai dengan kemampuan, misal, belajar merangkak, belajar berdiri, dan lain-lain.

Bila latihan atau stimulasi itu berlangsung sukses, orangtua sendiri yang akan mendapatkan manfaatnya. Apa saja manfaatnya, berikut di antaranya:

* Perilaku bayi yang secara refleks dan spontan mampu memberikan respon yang positif tanpa paksaan.

* Bayi merasa riang dan terbiasa apabila diberikan stimulus yang sudah kita latih dan ajarkan

* Bayi tidak akan merasa canggung lagi dalam menerima dan belajar sesuatu yang baru sesuai dengan tahapan perkembangan dan tingkatan usia mereka.

* Bayi merasa aman, nyaman dan tenang atas dirinya, walau berada di berbagai lingkungan, situasi, dan kejadian yang dihadapi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X