Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/06/2014, 09:34 WIB
KOMPAS.com - Kemandirian adalah sebuah bentuk tempaan dan latihan, tidak akan terwujud dalam sendirinya. Peran orangtua sangat penting dalam mewujudkannya.

Latihan kemandirian tidak berarti menyetop kucuran kasih sayang dari orangtua. Ingat, pemberian kasih sayang tidak akan membuat bayi manja, sekaligus menghambat kemandiriannya.

Yang diperlukan adalah memberi kesempatan kepada bayi untuk menggunakan keterampilannya sesuai dengan kemampuan, misal, belajar merangkak, belajar berdiri, dan lain-lain.

Bila latihan atau stimulasi itu berlangsung sukses, orangtua sendiri yang akan mendapatkan manfaatnya. Apa saja manfaatnya, berikut di antaranya:

* Perilaku bayi yang secara refleks dan spontan mampu memberikan respon yang positif tanpa paksaan.

* Bayi merasa riang dan terbiasa apabila diberikan stimulus yang sudah kita latih dan ajarkan

* Bayi tidak akan merasa canggung lagi dalam menerima dan belajar sesuatu yang baru sesuai dengan tahapan perkembangan dan tingkatan usia mereka.

* Bayi merasa aman, nyaman dan tenang atas dirinya, walau berada di berbagai lingkungan, situasi, dan kejadian yang dihadapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com